10 Kelurahan Batam Proritas Program Kotaku Kemenpu-Pera

images-1

Batam (Kepri.info) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan bantuan infrastruktur kepada 10 kelurahan di Kota Batam, Kepulauan Riau, yang diutamakan dalam program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

“Ada 10 kelurahan yang menjadi menjadi prioritas penanganan di 2017, yang sudah ditetapkan dalam SK Wali Kota Batam Nomor 68 Tahun 2015,” kata Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata di Batam, Jumat.

Sebanyak 10 kelurahan yang menjadi prioritas Kotaku adalah Kelurahan Tanjungpiayu, Mangsang, dan Duriangkang di Kecamatan Sei Beduk, Kelurahan Sei Lekop dan Sei Pelunggut di Kecamatan Sagulung, Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa, Kelurahan Tiban Lama Kecamatan Sekupang, Kelurahan Tanjungbuntung dan Sadai di Kecamatan Bengkong, serta Kelurahan Tanjungsengkuang Kecamatan Batuampar.

Total luas daerah yang menjadi pemukiman dan perumahan kumuh di penjuru kota yang akan dibenahi tahun ini sebesar 178 hektare dari lebih 500 hektare yang dinyatakan kumuh.

Tahun ini, program Kotaku dikerjakan di pulau utama. Rencananya program itu akan dilanjutkan hingga 2019.

Ardi menjelaskan program itu merupakan transformasi dari PNPM Mandiri dengan tujuan mewujudkan 100 persen akses air bersih, nol persen kawasan kumuh, dan 100 persen akses sanitasi.

Dalam menetapkan sebuah daerah dalam kategori kumuh, pemerintah menggunakan tujuh tambah satu kriteria, yaitu akses jalan, keteraturan bangunan, drainase, sanitasi, persampahan, akses air minum yang wajib di setiap rumah, proteksi terhadap potensi bahaya kebakaran, serta hadirnya ruang terbuka publik.

“Program ini fokus pada pembenahan wilayah sesuai dengan tujuh kriteria tersebut. Kegiatannya terbagi menjadi dua, yaitu skala kota dan skala lingkungan,” kata Ardi.

Sumber: Antara

kepri.info

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *