BMKG Imbau Nelayan Bintan Waspadai Gelombang Tinggi

Bintan (Kepri.info) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Provinsi Kepri, mengimbau nelayan tradisional di perairan Bintan mewaspadai tinggi gelombang tiba-tiba bisa dua meter.

“Ketika tiba-tiba cuaca buruk, tinggi gelombang bisa 2 meter, disertai arus kencang, sementara dalam kondisi normal tinggi gelombang sekitar 0,8-1,5 meter,” kata Prakirawan BMKG Tanjungpinang Bhakti, Rabu.

Menurutnya, perubahan cuaca yang terjadi secara mendadak juga perlu diantisipasi karena selain akan disertai hujan, juga berpotensi badai.

“Saat ini angin yang bergerak ke Kepri umumnya berasal dari barat masih normal antara 10-25 km per jam, hanya saja perlu diantisipasi jika terjadi perubahan cuaca tiba-tiba,” ujarnya.

Bhakti menjelaskan untuk saat ini jarak pandang ruang udara Kepri masih normal antara 8-10 km, namun bisa berpengaruh pada penerbangan bila terjadi hujan lebat karena dapat mengurangi jarak pandang.

“Cuaca seperti saat ini berlanjut sampai Desember 2016. Karena Desember nanti lebih dipengaruhi oleh angin utara, maka sifat hujan lebih merata dan panjang,” ucapnya.

Sumber: Antara

kepri.info

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *