Wali Nagari Batu Balang Kunjungi Perantau Batam

Batam (kepri.info) – Dalam rangka mengsukseskan program pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota,Sumatera Barat, Wali Nagari Batu Balang beserta beberapa orang tokoh masyarakat berkunjung ke Kota Batam Kepulauan Riau.Kunjungan ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 19 Februari,guna menjalin hubungan silaturrahim sesama anak nagari, baik yang berada di kampung halaman maupun yang ada di perantaua.

Kunjungan muhibah ini dipimpin langsung oleh Wali Nagari Batu Balang, Dasril Sofiadi dan diikuti tokoh masyarakat, antara lain Ketua LPM Batu Balang yang juga Kapolsek Harau AKP Elvia Daimar, Anggota Bamus yang juga ketua Pemuda Batu Balang Aiptu Indra Yurisman dan juga direncanakan akan dihadiri oleh Zulkifli Dt, Rajo Mangkuto beserta ibu-ibu Bundo Kanduang dan PKK dengan jumlah keseluruhan sekitar 30 orang, demikian disampaikan Wali Nagari melalui sambungan telepon kepada Kepri.info,kemarin.

Kegiatan ini, lanjut dia. Akan dikemas dalam dua bentuk kegiatan, pertama pertandingan sepak bola persahabatan antara BBS All Star melawan mantan pemain PS Batam atau Batam All Star yang sebagian pemainnya juga anak Nagari Batu Balang yang bekerja di beberapa perusahaan yang ada di Batam. “Pertandingan ini direncakaan akan berlangsung sore hari tanggal 18 Februari jam 16.00 WIB,”tambah Dasril.

Disamping itu, malam harinya akan diadakan temu ramah anak Nagari dengan nara sumber Zulkifli Dt. Rajo Mangkuto yang juga sekretaris 4 LKAAM Sumbar dan Wakil Ketua LKAAM Lima Puluh Kota.

Disisi lain, Zulkifli DT Rajo Mangkuto menambahkan, peranan perantau saat ini dirasakan sangat strategis dalam membangun kampung halaman. Sehingga sangatlah wajar jika pada Pemerintah Provinsi ada Biro Kerjasama dan Rantau sedangkan di Kabupaten Lima Puluh Kota adapula Bagian Kerjasama dan Rantau yang senantiasa menfasilitasi hubungan antara anak nagari dengan perantau dimanapun berada.

Sehubungan dengan itulah, maka kunjungan muhibah ini dilaksanakan sekalipun dengan biaya pribadi karena pihaknya yakin tanpa dukungan dan partisipasi perantau, Batu Balang yang lebih baik untuk masa yang akan datang sulit diwujudkan.

Selain itu, tak kalah pentingnya yang akan disampaikan dalam pertemuan silaturrahmi tersebut masalah pewarisan nilai-nilai adat dan budaya bagi perantau, kita berharap agar masyarakat yang berada di rantau tidak lupa dengan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau karena pada suatu saat merka akan juga pulang kampung, sesuai dengan ungkapan “Setinggi-tinggi bangau terbang kembalinya ke kubangan juga” apalagi dengan adanya kebiasaan masyarakat yang cenderung tidak dapat membedakan antara perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang tidak baik, maka pewarisan nilai-nilai adat dan budaya bagi anak nagari baik yang berada di kampung halaman maupun di perantauan sangatlah menentukan.

“Untuk itu kami berharap kiranya pemerintah daerah dan nagari menganggarkan atau dukungan dana untuk melaksanakan nilai-nilai adat dan budaya bagi anak nagari apalagi bagi perantauan,”tambah Pejabat Pemko Payakumbuh.yang lama berkecimpung sebagai tenaga pendidik tersebut.

Dilain pihak, Kapolsek Harau yang akrab disapa Uwa ketika dihubungi secara terpisah membenarkan memang ada rencana tersebut, menurut dia.kegiatan itu perlu dilakukan guna mempererat hubungan silaturrahim antara anak nagari dengan perantau. Oleh sebab itu dia,berharap kepada seluruh perantau Batu Balang Khususnya dan Kabupaten Lima Puluh Kota pada umumnya yang ada di Batam agar hadir pada pertemuan silaturahim tersebut. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah munculnya semangat kebersamaan dan kekeluargaan antara sesama anak nagari baik yang ada di kampung halaman maupun yang ada di perantauan sehingga mereka dapat bahu-membahu menghadapi persoalan yang terjadi, apalagi akhir-akhir ini banyak generasi muda yang terlibat dalam tindakan kriminal seperti narkoba dan lain-lain.”Maka dengan adanya kerjasama yang baik antar sesama anak nagari yang diilhami dengan semangat kekeluargaan maka persoalan itu dapat diatasi, “tandasnya.(red)

kepri.info

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *