oleh

2021 Lantamal dan Guspurla Akan Dibentuk di Natuna

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin.

Kepri.info – Pemerintah pusat melalui Panglima TNI dan Kepala Staf TNI-AL akan membentuk Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) dan Gugus Tempur Laut (Guspurla) TNI-AL di Natuna 2021.

Rencana pembangunan Lantamal dan Gupurla di Natuna itu, dikatakan Pjs.Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin, sebagaimana yang disampaikan secara tertulis dan diterimanya tentang pemberntukan Lantamal dan Guspurla di Natuna itu, dari Bakamla dan Lantamal IV Tanjungpinang atas atas arahan dari Panglima serta Kepala Staf TNI-AL.

“Tahun 2021 Armada Lantamal dan Guspula (Gugus Pertempuran Laut) akan resmi dibentuk di Natuna,” ujar Bahtiar usai melakukan berkunjung 2 hari ke Natuna.

Sebagai mana diketahui Guspurla adalah Komando pelaksana operasi dibawah kendali Komando Armada TNI-AL, dengan tugs pokok melaksanakan proyeksi kekuatan menyelenggarakan operasi laut yang meliputi operasi tempur laut dan operasi amfibi untuk mendukung pengendalian kedaulatan laut NKRI di Kepri.

Bahtiar mengatakan, sebagai basis pertahanan pulau Natuna akan terus diperkuat dengan satuan militer, dan daerah terluar NKRI itu, membutuhkan kehadiran aparat keamanan TNI dan Polri yang kuat dalam menjaga keamanan.

“Harapan saya sebagai gubernur, kalau sudah ada Lantamal dan Guspurla tersendiri di Natuna, Maka Komandan TNI-AU-nya juga harus dinaikan menjadi Marskal Pertama atau Bintang Satu. Dan untuk angkatan laut Komandan Koarmadanya dipegang oleh Laksamana Madia atau Bintang dua,”ujarnya.

Alasan utama negara menjadikan Natuna sebagai kawasan strategis Pertahanan, juga sesuai dengan rencana Strategi Pemerintah yang menempatkan Natuna sebagai Kawasan Strategis Nasional dibidang Pertahanan Keamanan.

Hingga saat ini lanjutnya, Bahtiar negara melalui Panglima TNI, telah menempatakan seluruh pasukan dan Kapal perang di Natuna, demikian juga pengamana dari satuan lainya.

Komentar