oleh

Basarnas Natuna Gelar Latihan SAR Comex Bersama MRSC Kuantan Malaysia

Basarnas Natuna Gelar Latihan SAR Comex Bersama MRSC Kuantan Malaysia.

 

NATUNA, Kepri.info – Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna melaksanakan Latihan SAR secara Komunikasi yang disebut SAR COMEX (Communication Exercise) antar dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia (MRSC Kuantan).

SAR COMEX sendiri menjadi agenda latihan rutin setiap bulannya antara Malaysia dengan Indonesia. adapun Kantor SAR yang terlibat anatar lain Banda Aceh, Pekan Baru, Tanjung Pinang, Natuna, Pontianak hingga Tarakan. Sebaliknya dari sisi Malaysia melibatkan MRSC Johor Bahru, Kuantan, Kuching, Kota Kinabalu dan Langkawi.

Kantor SAR Natuna terjadwal untuk berkomunikasi melalui Radio HF, Jaringan Telepon hingga Whatsapp serta Email bersama MRSC Kuantan pada kesempatan pertama ini. Selasa (21/1).

Adapun hasil dari SAR Comex cukup baik, dengan dapat memonitor informasi melalui Whatsapp, Jaringan Telepon maupun Email. sedangkan Melalui Radio terdengar namun dengan penerimaan modulasi sangat lemah.

Tujuan dari Latihan SAR Comex ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Kordinasi dan Komunikasi antara tim Rescue antar Negara melaui Kantor SAR yang terdekat. (*).

Komentar