oleh

Dinas PUPR Akan Renovasi Puskesmas Sei Jang

Puskesmas Sei jang yang akan direnovasi pada tahun 2020

Kepri.info – Bidang Cipta Karya di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tanjungpinang pada tahun 2020 ini tengah menyiapkan dokumen dan berkas sebagai persiapan untuk pelaksanaan tender paket 2.

Menurut salah satu staf di Bidang Cipta Karya (CK) PUPR Kota Tanjungpinang, Rizky, Jumat (27/03/2020), salah satu tendernya ialah merenenovasi Puskesmas Sei Jang.

 

Menurutnya, pembangunan Puskesmas Sei Jang nantinya akan dibangun 2 lantai dan saat ini masih dalam proses finalisasi DED (Detail Enginearing Desaign).

“Saat ini tahapannya masih dalam proses finalisasi DED yang disusun oleh Dinas Kesehatan, finalisasi itu guna menyesuaikan dengan SOP atau SNI.” ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, Dinas PUPR Tanjungpinang nantinya juga bertanggungjawab untuk mencermati DED yang telah disusun dan juga menggandeng Tim Ahli pembangunan gedung agar Puskesmas Sei Jang berfungsi seoptimal mungkin.

“Tentunya Kami bertanggungjawab untuk mencermati dan mengevaluasi DED yang telah disusun, dan nanti Kami akan melibatkan Tim Ahli Pembangunan Gedung agar Puskesmas Sei Jang berfungsi optimal,” jelasnya.

(Detail Enginearing Desaign gedung Puskesmas Se i jang yang direncanakan dilaksanakan pada tahun 2020)

Ditempat berbeda Menurut Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (Dinkes Dalduk), Rustam, pada renovasi ini Dinkes menganggarkan dana sebesar Rp. 4,7 miliar.

Rustam pada pemberitaan sebelumnya, Jumat (17/01), mengatakan bahwa anggaran sebesar Rp. 4,7 miliar tersebut nantinya akan diserahkan langsung ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Tanjungpinang selaku pihak yang mengerjakan.

Ia menyebut, jika renovasi Puskesmas Sei Jang tersebut perlu dilakukan melihat kondisi lokasinya yang kecil dan sempit terutama pada areal parkirnya.

Ditambah lagi, status puskesmas Sei Jang tersebut sama dengan 3 Puskesmas lainya di Tanjungpinang yang berstatus bintang 4 atau kategori utama, dengan kata lain dari segi pelayanan dan infrastruktur harus memadai.

“Walaupun bangunannya kecil lahan parkirnya sempit, kategori pelayanan di puskesmas Sei Jang itu sudah bintang 4,. Mudah-mudahan dengan direnovasi semuanya ini pelayanan disana akan lebih meningkat lagi,” tukas Rustam.

Perlu diketahui bahwa saat ini hanya ada 1 puskesmas di Kepri yakni pukesmas batu 10 Tanjungpinang yang berstatus bintang 5. Selebihnya, masih dalam kategori Puskesmas bintang 4.

Ditempat terpisah Kepala Bidang Cipta Karya di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tanjungpinang, Dessy Daryati berharap  setelah selesai pembangunan, Puskesmas Sei Jang tersebut bisa dimanfaatkan dan difungsikan sesuai peruntukannya.

“Semoga pembangunan Puskesmas seijang yang diharapkan selesai pembangunannya oleh masyarakat bisa dimanfaatkan dan berfungsi untuk masyarakat kota TPI,” tulisnya.

Komentar