oleh

Diskominfo Sukses Gelar Lomba Video Potensi Desa se-Kabupaten Natuna

Kepala Bidang PIKP Diskominfo Natuna, Trisnan Saputra.

Natuna (Kepri.Info) – Kemajuan perkembangan teknologi harus diikuti dengan edukasi yang tepat kepada masyarakat agar penggunaan teknologi dan perkembangan sosial media dapat memberikan dampak positif.

Dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang tepat guna, Diskominfo Natuna memberikan platform kepada generasi muda untuk memanfaatkannya dengan tepat guna, melalui lomba Video Potensi Desa Se-Kabupaten Natuna 2021.

Kepala Bidang Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna, Trisnan Saputra, menyampaikan bahwa pihaknya selaku penyelenggara berharap dengan adanya lomba ini, potensi dari setiap Desa dapat diketahui banyak orang, terutama wisatawan.

“Harapannya dari lomba video ini bisa mengetahui potensi-potensi di desa yang ada di kabupaten natuna mulai dari potensi pariwisata, perikanan, budaya lokal serta kuliner khas desa tersebut yang bisa menjadi daya tarik wisatawan luar daerah maupun lokal,” tutur Trisnan, belum lama ini

Lebih lanjut Ia juga menjelaskan bahwa dengan pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial (medsos) sangat mudah untuk mempromosikan potensi desa. Salah satunya melalui foto maupun video pendek.

“Dengan adanya luasnya jangkauan media sosial, promosi daerah sangat mudah dilakukan. Sebagai contoh ada Geopark Batu Kasah di desa Cemaga Tengah dan Wisata Mangrove di Desa Mekar Jaya yang tenar melalui promosi di media sosial,” ucap Trisnan.

Ketua Panitia Lomba Video Potensi Desa Natuna, Muhamad Patli Khailani.

Selain media promosi, Muhamad Patli Khailani selaku Ketua Panitia, menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk partisipasi Diskominfo Natuna dalam hal edukasi pemanfaatan teknologi informasi kepada masyarakat.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk partisipasi kita sebagai sumber informasi Pemerintah daerah untuk selalu memberikan ruang kepada masyarakat daerah agar dapat memaksimalkan Pemanfaatan teknologi,” kata Patli.

“Disamping itu, ditengah berkembangnya teknologi pemuda setempat harus mengambil peran. Bagaimana kemudian mereka dapat menggunakan teknologi untuk mempromosikan potensi desa masing masing,” imbuhnya.

Patli juga menjelaskan, esensi dari kegiatan ini bukan hanya tentang kualitas resolusi video, akan tetap bagaimana anak muda tempatan memahami dengan baik potensi daerahnya, lalu memvisualisasikan potensi tersebut dalam sebuah karya. Kemudian menggunakan sosial media sebagai platform untuk mempromosikan potensi tersebut.

Bupati Natuna, Wan Siswandi.

“Kami berharap lomba ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta untuk mengeksplorasi potensi desanya masing masing dan belajar bagaimana menggunakan internet dengan positif,” harap Patli.

Lomba video potensi desa se-kabupaten Natuna telah sukses di laksanakan pada tanggal 26 April sampai dengan 25 Mei 2021. Kegiatan tersebut disejalankan dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021, dengan tidak menggunakan dana APBD Natuna, melainkan bersumber dari dana sponsorship.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari Bupati Natuna, Wan Siswandi. Menurutnya, lomba video potensi Desa se Kabupaten Natuna, dapat menjadi salah satu ajang untuk mempromosikan potensi yang ada di Desa-desa, baik potensi pariwisata maupun potensi unggulan lainnya. (gabe)

Komentar