oleh

Lantik 7 Anggota PKD, Ini Pesan Ketua Panwascam Serasan

Tampak Ketua Panwascam Saat Melakukan Pengambilan Sumpah Terhadap 7 Anggota PKD

 

NATUNA, Kepri.info – Panwascam Serasan telah melaksanakan tahapan sebagaimana yang tertuang didalam UU nomor 7 tahun 2017, Perbawaslu nomor 19 tahun 2017, serta Surat Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna nomor 035/KP.01.00/K.KR-04/01/2023 tanggal 9 Januari 2023 tentang Instruksi Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa Se Kabupaten Natuna.

Maka dengan acuan peraturan dan perundang-undangan, beberapa hari yang lalu tepatnya Rabu, 1 Februari 2023 Panwascam Serasan melakukan tes wawancara terhadap 23 orang calon Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD).

Hal ini dilakukan untuk mencari yang terbaik dari yang baik calon Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) di wilayah Kecamatan Serasan untuk ditetapkan dan di lantik sebagai Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) yang akan mengemban tugas dalam proses pengawasan Pemilu 2024.

Kegiatan tes wawancara tersebut dilakukan oleh Panwascam Serasan di Ball Room Home Stay Madu Tiga Kp. Pelimpak Kelurahan Serasan. Mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 22.00 malam.

Dan setelah selesai kegiatan wawancara dilaksanakan, berikutnya pada hari Jum’at 3 Februari 2023, Panwascam Serasan melakukan tahapan Rapat Pleno untuk memutuskan siapa saja yang layak menjadi Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD).

Hingga kemudian dilantik untuk mengemban tugas dalam pelaksanaan pengawasan pemilu tahun 2024 di tingkat kelurahan/desa di wilayah kerja panwascam Serasan. Dari hasil wawancara yang mendapatkan nilai tertinggi saat wawancara.

“Alhamdulilah akhirnya Rapat Pleno selesai kami lakukan, mungkin dari hasil pleno kami ini, calon yang tidak lulus dan dilantik sudah pasti akan kecewa, terutama akan kecewa dengan keputusan kami selaku panwascam yang melakukan seleksi, tetapi bagaimana lah kami harus menentukan. Kami berharap bagi yang lulus, kami ucapakan selamat menjalankan tugas serta yang belum lulus bukan berarti tidak bagus dan baik, kami yakin di lain kesempatan yang belum lulus pasti akan dapat peluang juga. Bukan di tahun ini, mungkin di tahun yang lain, mungkin bukan di Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) bisa jadi di penyelenggara yang lain seperti KPU atau jajarannya”, ujar Hailani selaku ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD).

“Alhamdulillah pada hari ini Senin 6 Februari 2023, PKD terpilih kita lantik, berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 kelurahan dan 6 desa & dilanjutkan pembekalan awal dalam kegiatan pengawasan tahapan Pemilu 2024.
Dan selanjutnya akan dilakukan bimtek dan koordinasi sesuai tahapan” Hailani Ketua Panwascam.

Sesi Photo Bersama Usai Pelantikan PKD

Sementara Muhd khaidir selaku koordinator penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses Panwaslu Kecamatan Serasan diantaranya menyampaikan pesan kepada semua pimpinan Kecamatan termasuk kepala desa.

“Kami sebagai panwas berharap dukungan dari berbagai pihak, dimana untuk mencapai pemilu yg berkualitas itu semua tidak terlepas dari dukungan perintah setempat.
Pesan untuk pkd terpilih”, terangnya.

Atas hal tersebut diharapkan kepada PKD desa/kelurahan haruslah fokus di dalam menjalankan tugas, sesuai dengan pasal 108 UU no7 thn 2017 di point A mengatakan hrs melakukan tugas ke pengawasan secara melekat sesuai wilayah kerjanya pkd.

“Sebelum melakukan tindakan seorang, PKD haruslah bisa berkoordinasi dahulu dengan Instansi terdekat atau berkoordinasi dikasi dulu kepada Panwascam, dimana Panwascam merupakan setingkat lebih tinggi dari PKD. selamat bertugas, utamakan keselamatan dulu”, imbuh Khaidir.

Ucapan senada juga disampaikan Candra Fianda Simanjuntak, Selalu Kordiv Hukum Pencegahan partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat Panwaslu kecamatan serasan.

Candra Fianda mengucapkan terimakasih kepada para PKD yang telah dilantik dan para tamu undangan yang telah menyempatkan diri hadir dalam kegiatan pelantikan PKD Kecamatan Serasan.

Diharapakan pelantikan ini menjadi awal kolaborasi pihaknya bersama Muspika, Pemerintah desa maupun Kelurahan demi terselenggaranya perhelatan pemilihan sebagai sarana demokrasi yang berkualitas.

“Dan kami sangat berharap Penegakan netralitas di jajaran pemerintah dan aparat keamanan dapat terwujud, serta ikut berperan aktif dalam pengawasan pemilihan”,

Sementara Camat Serasan yang diwakili Kasi Pemerintahan, Erwandi mengucapkan selamat atas dilantiknya para anggota PKD, dirinya meyakini PKD yang terpilih hari adalah PKD yang terbaik dari calon yang ikut seleksi.

“Pesan kami dari pihak kecamatan semoga PKD terpilih dalam melaksanakan tugas tetap berpegang teguh pada aturan Perundang-undangan tentang Kepemiluan, jaga integritas dan jaga independen agar Pemilu berjalan dengan aman dan lancar”, pungkasnya.

Adapun nama-nama PKD Kecamatan Serasan yang beru dilantik :
1. Nurul Aini dari Kel. Serasan
2. Erwan dari Desa Kampung Hilir
3. Imran dari Desa Batu Berian
4. Pirdaus dari Desa Tanjung Setelung
5. Desi Susanti dari Desa Tanjung Balau.
6. Padli dari Desa Pangkalan
7. Fezi Aprisal dari Desa Jermalik

 

Berikut Selingan Pantun yang dibacakan oleh Ketua Panwascam Serasan, Hailani :

Langit Petang Tiada Berawan
Pagi Berselimut Hujan di Pertigaan
Selamat Datang Tuan dan Puan
Kami Sambut Dengan Kebanggaan

Celane Hitam Berbaju Putih
Pakai Kopiah Berlapis Kertas
Selamat Kepade PKD Terpilih
Jaga Independen Juge Integritas

Mengukir Kayu Pakai Pahat
Diukir dan Dibentuk Macam Ketupat.
Semoga Kite Selalu Tetap Sehat.
Sukseskan Pemilu Tahun 2024

Komentar