oleh

Musrenbang Kecamatan Tanjungpinang Kota di Tepi Pantai

Kepri.Info – Ada yang berbeda pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tanjungpinang Kota tahun ini. Kegiatan dilaksanakan diluar ruangan dengan konsep tepi pantai di Halaman Kelenteng Senggarang, Rabu (17/2) siang.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, pelaksanaan Musrenbang dilaksanakan dibawah teduhnya pepohonan dengan angin sepoi yang menghembus. Ditambah lagi dengan pemandangan lautan luas dan Pulau Penyengat. Inilah yang membuat suasana Musrenbang menjadi semakin menarik dan unik.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Tanjungpinang, Drs. H. Tamrin Dahlan, M.Si yang mewakili Walikota Tanjungpinang saat membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi dan pujian atas terobosan Camat Tanjungpinang Kota beserta jajaran untuk melaksanakan Musrenbang yang dilaksanakan di ruang terbuka dan dengan konsep yang unik.

“di masa pandemi ini memang mengharuskan kita untuk mengurangi kegiatan di dalam ruangan, dengan tidak melalaikan protokol kesehatan. saya sangat apresiasi atas inisiatif dan inovasi pada kegiatan ini,” ungkap Tamrin.

Terkait kegiatan musrenbang, Tamrin menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan sarana musyawarah warga dan pemangku kepentingan yang akan membahas dan menyepakati program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

“Hasil dari Musrenbang ini akan dijadikan referensi dalam penyusunan rencana kerja perangkat daerah yang diusulkan oleh masyarakat sesuai dengan hasil kesepakatan kita hari ini pada Musrenbang,” lanjutnya.

Diharapkan dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota ini terdapat kesepakatan mengenai kegiatan prioritas sasaran, yang disertai target dan kebutuhan pendanaan dalam daftar prioritas Tahun 2022.

“Saya berharap Musrenbang ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat atas usulan-usulan yang telah disepakati, serta betul-betul yang menjadi prioritas di wilayahnya masing-masing. dengan tujuan terwujudnya pembangunan di Kota Tanjungpinang yang adil dan merata,” harap Tamrin.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH juga menyampaikan apresiasi kepada Camat Tanjungpinang Kota beserta jajaran yang telah menginisiasi pelaksanaan Musrenbang dengan nuansa yang berbeda. Lebih lanjut Weni berharap pelaksanaan Musrenbang di tingkat kelurahan maupun kecamatan harus dilaksanakan dengan baik dan profesional, sehingga pelaksanaan Musrenbang ini dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

‚Äúterkait Musrenbang ini, setiap usulan yang disampaikan mulai dari tingkat Kelurahan dan Kecamatan akan kami bawa hingga ke tingkat Kota Tanjungpinang, maka dari itu saya minta untuk usulan atau hasil Musrenbang agar dikirimkan satu berkas yang ditujukan kepada lembaga DPRD,” ujar Weni.

Weni menambahkan tujuan meminta berkas hasil Musrenbang agar setiap hasil usulan dan kesepakatan Musrenbang dapat di kawal prosesnya hingga tingkat Kota.

“Tujuan kami adalah supaya kami di lembaga DPRD dapat memantau dan mengawal proses usulan Musrenbang yang disepakati mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan, sehingga saat Musrenbang di tingkat Kota Tanjungpinang nantinya, dapat kami kawal sesuai yang diharapkan,” harap Weni.

Turut hadir dalam kesempatan itu anggota DPRD Kota Dapil Tanjungpinang Kota, Kepala Bappelitbang, Drs. Surjadi, MT, Camat Tanjungpinang Kota, Hj. Raja Hafizah, S.STP dan Lurah sekecamatan Tanjungpinang Kota, Forum RT dan RW, lembaga kemasyarakatan, serta seluruh komponen masyarakat di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Musrenbang ini dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Bappelitbang, dilanjutkan oleh fasilitator Kecamatan yang terbagi atas 3 kelompok yaitu infrastruktur, ekonomi dan pembangunan serta sosial pemerintahan.

Komentar