oleh

Pasokan Air Baku Di Pulau Laut Kembali Normal

SPAM Kecamatan Pulau Laut Milik PDAM Tirtanusa Natuna.

 

NATUNA, Kepri.info – Setelah sempat vakum beberapa waktu, akhirnya pasokan air baku bagi warga Pulau Laut kembali normal.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Teknik Perumda Air Minum Tirta Nusa Kabupaten Natuna, Amir.

“Ya, sudah hampir seminggu kembali beroperasi pasokan air ke masyarakat,” ucapnya kepada dilansir dari Natunatoday.com. Rabu, (01/03).

Terhentinya pasokan air menurut Amir dikarenakan bahan kimia yang selama ini dipergunakan untuk campuran air tidak tersedia.

“Kami sudah terima bahan kimia dari PUPR, maka segera kami operasikan,” tambahnya.

Sementara itu Plt Direktur Perumda Air Minum Tirta Nusa, Wan Sazali menceritakan, bahwa pengelolaan air baku di Kecamatan Pulau Laut pertama kali beroperasi pada tahun pada tahun 2021.

“Untuk dua desa (Desa Air Payang dan Desa Kadur), Desa Tanjung Pala belum ada jaringan perpipaannya, jadi belum bisa dioperasikan, Desa Kadur 74 sambungan rumah (sr) Desa Air Payang 242 sr, total 316 sr,” ucapnya.

Wan Sazali membenarkan terkendalanya pengoperasian beberapa waktu lalu karena tidak adanya bahan kimia.

Sistem pengoperasian menggunakan Instalasi Pengolahan Air (IPA) lengkap, selain  harga bahan kimia sangat tinggi, dan harus di beli dari luar daerah.

Terakhir Wan Sazali juga berharap bantuan dari PUPR setiap tahunnya berjalan dengan lancar, meskipun diakuinya bahan kimia dari pemerintah daerah (PUPR) hanya untuk 6 bulan kedepan.

“Untuk menghindari terputusnya pasokan air baku, kami sudah mengajukan kembali ke pemda agar pengoperasian tidak terputus,” pungkas Wan Sazali. ***

Komentar