oleh

Pemkab Lingga Koordinasi dengan BWSS IV Batam Persiapan Bangun Waduk dan Dam

Wakil Bupati Lingga M Nizar saat berkoordinasi dengan BWSs IV Batam, soal rencana kesiapan pembangunan waduk dan Dam di lingga

Lingga, Kepri.info – Pemerintah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera IV (BWSS IV) Batam untuk persiapan pembangunan Dam Sungai Daik dan Waduk Sungai Jelutung.

Koordinasi percepatan rencana pembangunan fasilitas umum tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Lingga, M Nizar kepada Kepala BWSS IV, Ismail Widadi, di Batam, Senin (14/4/2019).

Nizar mengutarakan keinginin untuj pembangunan Dam Sungai Daik, sebagai salah satu solusi untuk mengatasi krisis air bersih di Kota Daik. Selain itu rencana pembangunan Waduk Sungai Jelutung yang sudah disiapkan BWSS IV DEDnya pada tahun ini.

“Sementara Pemkab Lingga menyiapkan readiness criteria (syarat kelengkapan-Red) dengan menyiapkan studi amdal, pembebesan lahan serta sertifikasi bendungan,” terangnya.

Diketahui kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan Kepala BWSS IV Batam, saat datang ke Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa point juga mengucapkan terima kasih atas bantuan pihak BWSS yang pada tahun 2019 ini, melanjutkan pembangunan jaringan irigasi tahap 2 di Bukit Langkap dengan pagu lebih kurang Rp10 Milyar.

“Bukan hanya pembangunan jaringan irigasi tahap 2 di Bukit Langkap, namun, juga pembangunan konservasi air baku Bukit Tumang Kelurahan Raya, Kecamatan Singkep Barat, dengan pagu lebih kurang 20 Milyar,” kata M Nizar.

Sementara itu, Kepala BWSS IV, Ismail Widadi menyambut baik keinginan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Lingga, dia meminta pihak Pemda Lingga dapat menyiapkan SK TIM terpadu.

Ia menjelaskaan, sebagai upaya percepatan dalam sinergi untuk perecepatan pembangunan di Lingga, khususnya untuk waduk Sungai Jelutung dalam waktu dekat kita juga akan presentasi laporan pendahulan tekait DD Sungai Jelutung.

“Untuk DD dam Sungai Daik, BWSS IV baru menyiapkan pada tahun 2020 sesuai dengan rencana kerja BWSS IV, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Lingga yang sudah berkunjung ke BWSS IV,” tutupnya.

Pada pertemuan tersebut Kepala BWSS, Ismail Widadi juga mengenalkan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kepri (BPPWK) yang baru kepada Wakil Bupati Lingga, serta baru bertugas di Kepulauan riau. (PjK)

Komentar