oleh

Pemprov Serahkan Dana Hibah Keempat untuk RSKI

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, T.S. Arif Fadillah, turun langsung ke RSKI (Rumah Sakit Khusus Infeksi) Pulau Galang untuk menyerahkan dana hibah dari Provinsi Kepri. Dana tersebut akan digunakan untuk kebutuhan operasional di RSKI.

“Bantuan hibah ini sebagai bentuk perhatian Pemprov Kepri kepada RSKI. RSKI ini telah menjaga dan merawat masyarakat Kepri. Juga masyarakat daerah lain, seperti pekerja migran Indonesia. Terima kasih untuk semuanya,” ucap Arif.

Arif Fadillah beserta beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah)  Pemprov Kepri tiba kawasan RSKI Pulau Galang sekitar pukul 09.00 WIB untuk melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Antara Pemerintah Provinsi KepriDengan RSKI Covid-19 Pulau Galang, Selasa (13/10) di Aula RSKI Pulau Galang.

Menurut Arif pemberian dana hibah tersebut telah dikaji dari segala segi. Termasuk kemungkinan adanya bantuan ganda yang sama dari pemerintah pusat. Sebagai rumah sakit khusus yang berada di wilayah Kepri, pemprov Kepri merasa ikut bertanggungjawab dalam menjaga dan memperhatikan keberadaan RSKI.

“Pemprov Kepri akan terus bantu dan dukung RSKI ini, baik dari segi anggaran maupun dari segi perhatian lainnya seperti penyaluran bantuan dari perusahaan-perusahaan yang dilakukan oleh TIM BLC Batam seperti bantuan madu, masker medis, face shield, hand sanitizer,” jelas Arif.

Arif berharap RSKI bisa menjadi rumah sakit pusat pasien Covid-19 untuk seluruh masyatakat di Kepri sehingga rumah sakit lain bisa digunakan masyarakat untuk berobat dengan tenang tanpa cemas dengan keberadaan pasien Covid-19.

Dia berjanji akan menginfokan kepada seluruh Bupati/Walikota untuk mengirim masyarakat yang terpapar ke RSKI Galang. Bupati/Walikota wajib menyiapkan transportasi untuk pasien tersebut.

Sementara itu, Kepala RSKI Pulau Galang Kolonel Ckm, DR.dr Khairul Ihsan Nasution, Sp.BS mengungkap rasa terima kasihnya atas bantuan dana hibah Pemprov Kepri yang diserahkan langsung oleh Sekdaprov Kepri, T.S Arif Fadillah. Dana tersebut akan digunakan untuk operasional di RSKI.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemprov Kepri, khususnya pak Sekda Arif atas perhatian untuk kami. Atas nama kerja, pasti ada kebutuhan yang muncul. Semoga dana hibah ini semakin membuat kami bersemangat,” ujar Khairul.

Pada kesempatan itu, Khairul menyampaikan hal menggembirakan, bahwa mereka mendapat bantuan PCR dari seorang pengusaha Batam yang tak mau disebutkan namanya. Bantuan tersebut sama dengan jenis PCR yang ada di RSKI saat ini.

Dengan bantuan itu, kemampuan RSKI yang biasanya 220 bisa menjadi 500. Sehingga kemampuan dan cakupan yang diperiksa sudah sangat banyak. Meski dukungan tiba, namun keterbatasan alat akan akan lebih banyak lagi.

Hingga saat ini total pasien yang masuk ke RSKI berjumlah, 3.577 dan sebanyak 1416 orang positif dan dirawat. Hingga pukul 06.00 WIB Rabu (13/10), ada 247 pasien di RSKI, dan 187 orang yang positif.

Turut hadir mendampingi Sekda Kepri , Kepala Dinas Kominfo Kepri Zulhendri, Kepala Biro Pembangunan Kepri Aries Fhariandi,  Kepala Biro ULP Misbardi, Inspektorat ST Irmendas,  Tim BLC Kepri-Batam.

Komentar

News Feed