oleh

Penuhi Usulan Pemda Natuna, Kemenkes RI Berikan Beasiswa Dokter Spesialis

Pertemuan Bersama Menkes RI yang didampingi Wakil Bupati Rodhial Huda, Sekda Boy Wijanarko, Kepala Dinas Kesehatan Hikmat Aliansyah, tersebut dilaksanakan di gedung Jakarta Convention Centre (JCC). 

 

NATUNA, Kepri.info – Bupati Natuna Wan Siswandi melakukan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin.

Pertemuan yang didampingi Wakil Bupati Rodhial Huda, Sekda Boy Wijanarko, Kepala Dinas Kesehatan Hikmat Aliansyah, tersebut dilaksanakan di gedung Jakarta Convention Centre (JCC), Kamis, 23 Februari 2023.

Dihadapan Mentri Kesehatan, Wan Siswandi menyampaikan bahwa kabupaten Natuna memiliki kendala tentang keterbatasan dokter spesialis.

Dengan kekurangan dokter spesialis ini menurutnya, mengakibatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat menjadi kurang maksimal hingga berdampak banyak pasien yang harus dirujuk ke Rumah Sakit luar daerah

“Mohon izin pak menteri, sampai sekarang kami yang berada di Natuna, kabupaten perbatasan, sampai sekarang masih kekurangan dokter spesialis,” sebut Siswandi.

Terkait persoalan ini Bupati Siswandi meminta kepada Menkes agar memberikan tambahan kuota dokter spesialis di Natuna.

Sementara Menkes Budi Gunadi Sadikin bersedia menyiapkan anggaran beasiswa bagi dokter yang akan mengambil spesialis.

Bahkan, sang menteri akan memberikan kuota hingga 20 orang dokter spesialis. Namun ia meminta harus kembali bertugas di Natuna setelah lulus tes di fakultas tujuan.

Selain, Kementerian Kesehatan juga berjanji akan menyiapkan program S1 Kedokteran bagi anak-anak Natuna yang berprestasi.

Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan, untuk program beasiswa dokter spesialis akan disiapkan mulai tahun ini.

Sementara itu, untuk realisasi program S1 Kedokteran belum dipastikan kapan berjalan. Kendati demikian, pihaknya akan melakukan penjejakan.

Disamping meminta tambahan dokter spesialis, pada kesempatan itu, Bupati Natuna juga mengajukan proposal pembangunan Puskesmas di Kecamatan Pulau Panjang dan Pulau Seluan beserta dengan sarana-prasarananya.

(Zal).

Komentar