oleh

Peringati Hari Kearsipan dan Buku Nasional ke-52, Bupati Tekankan Seluruh OPD Tertib Administrasi

 

NATUNA, Kepri.info – Bupati Natuna, Wan Siswandi sampaikan kepada seluruh OPD Pemda Natuna tentang pentingnya kearsipan, baik untuk diri sendiri, maupun sebuah organisasi dalam kedinasan.

Hal ini disampaikan Wan Siswandi saat menghadiri, Peringatan Hari Kearsipan Ke-52 Tahun 2023 Dan Hari Buku Nasional Tahun 2023, disejalankan dengan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSA) Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Selasa (23/5) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Natuna.

Dengan didampingi Bunda Literasi, Septi Dwiani Siswandi dan Segenap Kepala OPD Pemda Natuna, Wan Siswandi dengan tegas meminta seluruh dinas yang ada untuk betul-betul mengarsipkan dengan baik seluruh kegiatan dinas.

Karena menurutnya, arsip yang baik akan menyelamatkan dinas pada seluruh kegiatan, dan akan menyusahkan diri kalau arsipnya tidak dilakukan dengan benar.

“Kalau tidak ada arsip, berarti fiktif kegiatan tersebut,” tegas Wan Siswandi mengingatkan.

Sekali lagi Wan Siswandi menegaskan kepada seluruh OPD Untuk dan komponen terkait untuk segera melakukan penataan manajemen kearsipan di lingkungan kerja masing-masing sesuai dengan yang diamanatkan dalam undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dan Peraturan Kepala ANRI Nomor 37 2016 tentang penyusutan arsip.

“Terimakasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Natuna yang telah menyelesaikan kegiatan ini,” ungkap Wan Siawandi.

Kegiatan juga diisi dengan penampilan Peserta Terbaik Lomba Pidato Dalam Bahasa Inggris TK SLTA SeKabupaten Natuna oleh Aji Pahlevi Sanjaya Anak Dari M. ALim Sanjaya.

Selain itu, Bupati Natuna juga menyaksikan penandatanganan fakta integritas seluruh Kepala OPD tentang komitmen untuk melakukan pembenahan dan peningkatan manajemen kearsipan di lingkungan dinas masing-masing.

Bupati juga dengan resmi meluncurkan launching branding Japri dan Laksamana, serta memeriksa design rencana pembangunan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Natuna yang akan dibangun nantinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Natuna, Erson Gempa menerangkan bahwa pencanangan gnsta dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Arsip Nasional tanggal 18 Mei 2023 serta meminta Bupati Natuna untuk dapat menetapkan pada hari ini dimulainya gerakan nasional sadar tertib arsip di lingkungan Pemerintah kabupaten Natuna.

“Saya juga memohon kepada Bupati Natuna untuk meresmian fasilitas pelayanan publik di dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Natuna antara lain berupa mushola playground Ruang Baca disabilitas ruang laktasi dan menyusui dan kantin DWP dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Natuna,” ungkap Herson.

Kegiatan juga diisi dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara pemerintah kabupaten Natuna dengan pangkalan TNI AL dalam rangka peningkatan gerakan literasi di kabupaten Natuna. (Zal).

Komentar