oleh

Rendezvous di Kepri, Mantan Kajati Asri Agung Putra Ziarahi Pulau Penyengat

Dr Asri Agung Putra SH MH (bertanjak kuning), bersama keluarga dan rombongan berfose bersama di halaman Masjid Sultan Pulau Penyengat, Jumat (9/2/2023). (foto: koleksi pribadi asri agung untuk kepri.info)

TANJUNGPINANG, KEPRI.INFO – Masih ingat dengan sosok Dr Asri Agung Putra SH MH? Tentunya, sebagian warga masyarakat Kepri, khsusunya Kota Tanjungpinang masih mengingat sosok ini.

Pasalnya, Doktor bidang hukum perpajakan ini, pernah tinggal di Tanjungpinang hampir 4 tahun dan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri dari sebelumnya menjabat sebagai Wakajati Kepri.

”Kebetulan libur, saya bersama keluarga rindu suasana di sini (Tanjungpinang, red). Sekaligus rendezvous (temu kangen, red) dan bersilaturrahmi dengan sahabat dan rekan-rekan di sini,” kata Asri Agung kepada media ini, saat berziarah di Pulau Penyengat, Jumat (9/2/2024).

Dalam kunjungannya, Asri Agung ditemani istri, anak, cucu dan kolega lainnya. Selain menyempatkan solat Jumat, rombongan juga menjiarahi sejumlah makan raja-raja yang ada di pulau bersejarah tersebut.

Seperti diketahui, sosok Asri Agung Putra merupakan salah satu jaksa yang pernah menyabet gelar Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) terbaik 1 se-Indonesia.

Pria kelahiran, Kotabumi, Lampung 60 tahun silam tersebut menjelaskan, telah mengabdi dan bertugas di Kepri selama hampir 4 tahun sebagai Wakajati Kepri dan Kejati Kepri hingga akhir tahun 2019 silam.

Selanjutnya menjabat sebagai Kajati DKI Jakarta bahkan sempat menjabat sebagai Plh. Jakasa Agung Muda (JAM) Pidum, Kejaksaan Agung RI. Kini Asri Agung menjabat sebagai staf ahli di Kejagung.

Hingga saat ini, alumni Fakultas Hukum Universitas Lampung ini, sudah mengemban lebih kurang 18 jabatan strategis di lingkungan kejaksaan. Pada tahun 2018 silam, Asri Agung menyelesaikan gelar Doktor, Strata 3 (S3) di Universitas Airlangga.

Dikutip dari beragam sumber, Asri Agung juga tidak hanya pernah malang melintang di belahan bumi Sumatera, tetapi juga pernah bertugas sebagai Kepala Kejari Jayapura, Papua pada tahun 2007 lalu.

Tak luput, kehadirannya di Tanjungpinang ini, Asri Agung juga mengaku menjumpai sahabat-sahabat lama terutama pengurus olah raga bulu tangkis, karena saat bertugas di Tanjungpinang ia hobi dengan berolah raga tersebut.

Sebelumnya, kedatangan Asri Agung dan rombongan di Pulau Penyengat juga disambut oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri H Abdul Razak. Ketua LAM juga menyematkan tanjak kepada Asri Agung dan rombongan sebagai bahan cindramata.

Laporan: Rizki Arianto
Editor: Ogawa

Komentar