oleh

Tim Robot Umrah Berlaga di Kontes Robot Indonesia Tahun 2019

Tim Senggarang FT.19 saat mempersiapkan robot.

Tanjungpianang, Kepri.Info-Tim Robot Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) turut mengikuti kontes bergengsi Robot Indonesia 2019 wilayah 1 Regional Sumatra, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Kemernristekdikti.

Dalam kontes Robot tersebut pihak Umrah mengirimkan 1 Tim robot yang bernama Senggarang FT. 19, dimana  terdiri dari 2 robot hasil rancangan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Umrah, 8 orang Mahasiswa dan satu Pembimbing yakni Wadek l Fakultas Teknik Elektro Umrah, Sapta Nugraha.

Sapta menuturkan, bahwa dalam perlombaan ini pihaknya menerjunkan 2 robot yang masing-masing dikendalikan secara manual dan juga otomatis, yang mana kedua robot tersebut mempunyai fungsi untuk mengantarkan sebuah pesan tertulis.

” Setelah robot otomatis menerima pesan dari robot manual, maka robot otomatis bergerak secara otomatis untuk mengantarkan pesan melewati rute yg ditentukan, untuk mengantarkan pesan ke suatu tempat yang dinamakan bukit pesan,” jelasnya saat dihubungi media ini, Sabtu(6/3).

Tim Robot Senggarang FT.19 aaat melakukan foto bersama sebelum mengikuti kontes robot.

Ia mengatakan bahwa tujuan dari keikut sertaan tim Robot Umrah ini, bukan sekedar mencari titel juara, namun juga mencari pengalaman dalam dunia Robotik.

” Tujuan kita untuk mngikuti kontes yg diselenggarakan Kemenristekdikti, bukan sekedar menginginkan juara, namun selain itu juga untuk menambah wawasan di bidang robotika, dan menambah pengalaman mahasiswa dalam berkompetisi di level nasional,”ungkapnya.

Perlu diketahui, tahun ini Tim Robot Umrah sudah tercatat dua kali mengikuti kejuaraan Robot bertaraf Nasional, yang mana pada tahun sebelumnya Tim Robot Umrah juga telah mengikuti Kontes yang sama di Universitas Riau.

“Tahun lalu kita juga ikut di Unri. Sejauh ini kami baru mampu menembus titik berempat final,”ungkapnya.

Terakhir Sapta mengatakan, dari pengalaman yang ada pihaknya akan terus bekerja keras dalam meningkatkan kemampuan robot pengantar pesan tersebut.

“Kami selalu berkomitmen meningkatkan kemampuan dua robot tersebut. mudah-mudahan di kejuaraan ini, kami bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik lagi, untuk pengembangan kedua Robot ini kedepannya,”ungkapnya.

Penulis: Moh Dan

Komentar