oleh

Tim SAR Gabungan Evakuasi Nelayan Kapal Terbakar di Perairan Penagi

Simulasi Pemadaman Api Pada Kapal Nelayan di Wilayah Perairan Penagi.

 

NATUNA, Kepri.info – Akibat arus pendek, sebuah kapal pompong milik nelayan mengalami kebakaran disekitar lepas pelabuhan Penagi pada pukul 15.00 Wib sore. Rabu, (19/04).

Kapal pompong berpenumpang 5 orang nelayan tersebut diketahui dalam perjalanan pulang setelah mencari ikan dan hendak bersandar di pelabuhan Penagi.

Mendapat informasi kecelakaan kapal, petugas gabungan yang sedang berjaga di posko mudik lebaran Penagi bergegas menghubungi Kasi Operasi Basarnas Natuna untuk segera melakukan evakuasi para korban.

Mendapat persetujuan dari Kepala Kantor SAR Natuna, Kasi Operasi bergegas mengerahkan sejumlah personil rescue dengan didukung oleh potensi SAR yang terdiri dari TNI dan Polri.

Kemudian tim Basarnas langsung berkoordinasi kembali dengan pemilik kapal dan instansi terkait untuk meminta data-data kapal dan korban.

Terkait hal ini, Kepala Basarnas Natuna Abdul Rahman mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang terlibat dalam simulasi SAR daerah yang dilaksanakan di perairan pelabuhan Penagi.

Dikatakan Rahman, seluruh peserta yang terlibat diharapkan dapat mengerti tata cara dalam pencarian dan pertolongan apabila ada kecelakaan kapal di laut.

Ia menambahkan dengan adanya simulasi ini seluruh peserta dapat mengetahui kecelakaan kapal agar secepatnya melaporkan ke Basarnas atau instansi terkait guna mendapat penanganan lebih cepat untuk mengurangi korban jiwa.

“Simulasi ini kita libatkan sejumlah alat utama penyelamatan diantaranya seperti KN SAR Sasikirana, satu unit RIB, dan satu unit perahu karet”, pungkas Rahman.

(Zal).

 

 

 

 

Komentar