oleh

Wabup Rohil Huda Pimpin Rapat Persiapan Kafilah STQ Kabupaten Natuna

 

NATUNA, Kepri.info – Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda pimpin Rapat Persiapan Akhir Kafilah Kabupaten Natuna untuk Kegiatan STQH Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023.

Rapat berlangsung di Ruang Kerja Wakil Bupati Natuna, Lantai II Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Ranai pada Kamis (27 April 2023).

Hadir Ketua TP PKK Kabupaten Natuna, Kabid PKIP Kominfo, perwakilan dari RRI Ranai, perwakilan Kemenag dan perwakilan Disperindag.

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda sekaligus Ketua LPTQ Kabupaten Natuna menyampaikan dalam menyosong perhelatan Seleksi Tilawatil Qur’an dan hadits (STQH) tingkat Provinsi Kepri yang akan di laksanakan di Kabupaten Karimun seluruh persiapan harus dimatangkan.

“Hari ini kita rapat akhir menjelang keberangkatan Kafilah yang akan bertanding di Karimun, untuk itu saya berharap seluruh persiapan harus dimantapkan guna meraih hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Wabup juga berpesan agar seluruh Kafilah selalu menjaga kesehatan jelang keberangkatan menuju Kabupaten Karimun.

“Selain itu saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf tidak bisa mendampingi para peserta STQH karena kondisi badan kurang sehat,” sebutnya.

Di akhir penyampaiannya, Wabup berharap agar seluruh pihak yang terlibat dalam event keagamaan ini untuk saling menjaga komunikasi, berkordinasi, saling menginformasi membahas langkah apa saja yang akan dilakukan dalam mensukseskan pelaksanaan STQH nantinya.

Sementara Kepala Bagian Kesra Kabupaten Natuna, Sudirman pada kesempatan tersebut menyampaikan rapat ini dilakukan dalam rangka membicarakan berbagai hal-hal teknis terkait persiapkan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karimun.

Adapun waktu pelaksanaan akan dimulai dari tanggal 9 hingga 14 Mei 2023, rombongan berangkat pada tanggal 6 Mei dengan jumlah total 85 orang, dengan ketua rombongan Asisten I Pemkab Natuna.

“Kafilah berangkat menuju Batam menggunakan Pesawat Nam Air langsung ke Tanjung Balai Karimun melalui pelabuhan Harbourbay. Tanggal 18 Mei rombongan Kafilah akan kembali ke Natuna menggunakan maskapai Nam Air juga,” terangnya.

Selain itu, Sudirman juga menyampaikan persiapan Kafilah Kabupaten Natuna untuk STQH di Karimun sudah 90 persen siap.

“10 persen sisanya ini tinggal persiapan pelengkap kalau kita sudah berangkat nanti,” imbuhnya.

Sudirman menambahkan, adapun cabang-cabang lomba STQH IX yang akan diperlombakan yakni cabang tilawah al-qur ‘an Golongan anak-anak dan dewasa. Cabang tahfidz al-qur’an untuk Golongan 1 juz tilawah; Golongan 5 juz tilawah; Golongan 10 juz ; Golongan 20 juz; dan Golongan 30 juz, putera dan puteri. Selanjutnya, Cabang tafsir al-qur’an golongan bahasa arab putera dan puteri.

Cabang musabaqah hadits nabi yakni untuk Golongan hafalan 100 hadits dengan sanad putera dan puteri; Golongan hafalan 500 hadits tanpa sanad putera dan puteri. Cabang qasidah rebana dan cabang bazar. Zal).

Komentar