oleh

Bawaslu Kepri Tangani 24 Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu

-Kepri-21161 views
Dok Panwaslu LNM.

Tanjungpinang,Kepri.Info-Badan Pengawas Pemiihan Umum(Bawaslu) Kepri, menangani 24 kasus dugaan kampanye di berbagai Daerah yang ada di Provinsi Kepri.

Ketya Bawaslu Kepri, Muhammad Sjahri Papene mengatakan 24 kasus tersebut diantaranya, 15 dari temuan pihaknya kemudian 9 kasus lainya dari Laporan Masyarakat sekitar.

“Pelanggaran pidana 4 yg ditangani
Pelanggaran kode etik 1,Pelanggaran lainnya 4 dan bukan pelanggaran 12,”ungkapknya.

Dijelaskan Dia, bahwa untuk pelanggaran pidana masing telah diputus oleh Pengadilan Negeri Karimun dan Pengadilan Tinggi Pekanbaru.

“2 kasus PN di Karimun dan 2 kasusnya di PT Pekanbaru. sementara ada 1 pelanggaran pidana pemilu yg sedang dilakukan upaya hukum banding di pengadilan tinggi Pekanbaru atas putusan pengadilan negeri Batam,”ungkapknya.

Sementara itu, dijelaskan ia, bahwa banyaknya temuan pelanggaran berada di Kabupaten Karimun, sementara untuk penerimaan laporan pelanggaran paling banyak di Kota Tanjungpinang.

“Paling banyak pelanggaran pasal 280 UU 7/2017 ttg Pemilu, tentang larangan berkampanye ditempat yg dilarang (Tempat Pendidikan, Rumah Sakit dan Tempat Ibadah),”ungkapknya.

Penulis: Moh Dan

Komentar

News Feed