oleh

Kaum Milenial Merupakan Salah Satu Entitas Pemilih Yang Unik di Pemilu 2019

-Kepri-275 views
Tanjungpinang

Tanjungpinang,Kepri.Info-Kaum melenial merupakan salah satu entitas pemilih yang unik pada perhelatan pesta demokrasi pemilu tahun 2019 ini.

Hal ini disampaikan oleh tokoh muda pengamatan politik Kota Tanjungpinang Rendra setyadiharja, Rabu (10/4) kepada media ini.

“Kaum milenial merupakan salah satu entitas pemilih yang unik di pemilu 2019, karena di dalam golongan ini banyak pemilih pemula yang baru pertama kali menggunakan hak suaranya dan mengikuti pemilu,” ucapnya.

Rendra sarapan akrabnya menjelaskan, pemilih milenial ini merupakan kaum muda yang lahir kisaran waktu dari 1980an hingga 2000.

“Golongan millenial tak hanya ada pemilih pemula namun ada yang telah menggunakan hak pilihnya mampu yang baru mulai memilih,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, Pemilih kategori ini merupakan pemilih yang hidup di era globalisasi dan keterbukaan informasi. Sehingga mereka sangat punya pengaruh terutama di media sosial.

“Kaum melenial punya pengaruh di media sosial, sehingga patutlah menjadi sasaran tersendiri bagi sebagin politisi karena kemampuan kaum millenial di media sosial,” kata Rendra yang juga sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi Kota Tanjungpinang

Rendra menambahkan, kaum milenial ini juga akan menjadi tantangan bagai para caleg dan capres, apakah mampu merebut simpati golong pemilih ini jika tak sepenuhnya menguasai gaya hidup dan penguasaan media sosial.

“Kaum ini semakin menjadi elit karena era revolusi industri 4.0. Cepatnya kemampuan millenial di media sosial menyebabkan golongan dapat menjadi sumber suara yang signifikan di pemilu 2019,” ungkapnya

Mengenai antusias kaum milenial pada pemilu 2019, Rendra menilai bahwa antusias kaum millenial khususnya pemilih pemula tampaknya dalam tataran menengah tidak tinggi tidak rendah.

“Suhu politik yang memanas antara elit politik menyebabkan sebagiannya masih merupakan undecided voters, namun ini tantangan, bagi kpu, bagi partai politik, bagi capres dan cawapres untuk meyakinkan kaum millenial dengan segala cara yang tentunya mendidik kaum millenial pemula. Agar tentunya antusiasnya bisa lebih meningkat,” paparnya.

“Kaum Millenal pasti menjadi rebutan peserta pemilu, karena pengaruh mereka (melenial.red) sangat signifikan,” tutupnya.

Penulis: Jho
Editor: Moh Dan

Komentar

News Feed