oleh

Pagi Ini Vaksin Covid-19 Tiba

* Tahap Awal Untuk Tenaga Kesehatan

Kepri.info – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H.TS. Arif Fadillah memimpin secara langsung Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Gedung Daerah, Senin (04/01) malam.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Juramadi Esram, Asisten Ekonomi Pembangunan Syamsul Bahrum, Plt. Kepala BPKKAD Misbardi, Plt. Kepala Satpol PP Girsang, Kepala KKP Tanjungpinang Agus, serta beberapa instansi terkait baik dari Unsur TNI dan Polri yang terhubung secara virtual.

Pada rapat kali ini Arif menyampaikan berita yang menggembirakan bahwasanya Vaksin yang akan digunakan untuk mengakhiri laju perkembangan Covid-19 yang selama ini dinanti-natikan oleh seluruh warga dunia, akhirnya akan sampai besok, Selasa (05/01) di Tanjungpinang.

“Besok vaksin akan sampai di Bandara RHF Tanjungpinang menggunakan pesawat Lion Air. Karena vaksin ini barang langka dan jumlahnya sangat terbatas di seluruh dunia maka pada rapat ini maka meminta dukungan semua pihak termasuk TNI/Polri untuk mengawal vaksin ini dari tiba hingga sampai ke tempat penyimpanan,” kata Arif.

Arif pada kesempatan ini mengapresiasi langkah cepat TNI/ Polri yang langsung mendirikan tenda dan posko pengamanan yang berada di sekitaran instalasi farmasi tempat penyimpanan vaksin yang baru tiba keesokan hari.

“Terimakasih atas respon yang sangat sigap dari teman-teman TNI,polri dalam pengamanan vaksin ini,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Vaksin Covid-19 ini telah didistribusikan kepada 34 Provinsi Se-Indonesia secara bertahap. Selanjutnya untuk pendistribusian vaksin ke Kabupaten/Kota di provinsi kepulauan Riau masih menunggu petunjuk dari Kementerian Kesehatan.
“Pada tahap awal ini vaksin akan disuntikan kepada para tenaga kesehatan, untuk tahap dua akan diberikan kepada TNI/Polri, kemudian ASN, dan pada bulan April sasaran vaksin sudah ditujukan untuk masyarakat,” jelasnya.

Kepada dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 , Arif kembali menginstruksikan untuk gencar melakukan sosilisasi khususnya kepada masyarakat tentang apa itu vaksin, tingkat keamanan vaksin serta manfaat yang akan diterima masyarakat setelah disuntik vaksin.

“Bapak presiden sudah menyatakan akan pertama kali disuntik vaksin ini. Pemimpin kita saja sudah berani memastikan bahwa vaksin ini masa kita tidak mau divaksin. Oleh karena itu harus lebih intens lagi memberikan informasi kepada masyarakat jangan sampai masyarakat termakan informasi hoax yang beredar terkait vaksin,” pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan provinsi Kepulauan Riau M. Bisri dalam laporannya pada rapat ini menyampaikan bahwa vaksin yang tiba pada tahap pertama ini berjumlah kurang lebih 13.000 dosis vaksin. Kemungkinan dalam beberapa minggu kedepan akan datang lagi vaksinnya.

“Vaksin tahap awal ini diperuntukan bagi tenaga kesehatan dengan berbagai kriteria yang telah ditetapkan. Bagi yang akan mendapatkan suntikan vaksin, akan menerima pemberitahuan melalui SMS. Saya sudah menerima SMS tersebut dan pada prinsipnya siap untuk disuntikan vaksin,” ujarnya.

Untuk sosialisasi pemahaman vaksin ini bagi masyarakat, dirinya mengatakan akan memanfaatkan posyandu sebagai sarana pemberian edukasi kepada masyarakat untuk memahami pentingnya setiap warga Negara untuk mendaptkan suntikan ini.

“Berdasarkan data, posyandu yang aktif di kepri saat ini berjumlah 861. Ini akan kita manfaatkan menjadi kekuatan vital untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk menerima dan mendukung vaksinasi Covid-19,” jelasnya.

Komentar