oleh

Soal Kepatuhan, Kepri Peringkat Empat

Kepri.info – Kepulauan Riau berada di perigkat keempat sebagai provinsi dengan kepatuhan menggunakan masker berdasarkan wilayah. Kepri berada di bawah Bali, Kalteng dan Sulut.

Soal kepatuhan itu disampaikan Kepala Satgas Penanganan Covid 19 Doni Monardo saat Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan melalui Video Conference dari Ruang Rapat Utama Lantai Kantor Gubernur Kepulauan, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (05/01).

Sekretaris Daerah Kepulauan Riau H. TS. Arif Fadillah ikut menghadiri pertemuan itu. Turut mendampingi Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan, Kepala Barenlitbang, Kepala BPBD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Disdukcapil, dan Wakil Ketua Harian Covid 19.

Di bawah Kepri, untuk tingkat kepatuhan ada provinsi DIY, DKI, Jatim, Jateng. Adapun rapat dilaksanakan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri dan dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian, dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beserta Wakil, Kepala BNPB Doni Monardo selaku Kepala Satgas Penanganan Covid 19. Turut pula hadir Kepala Daerah dan Kepala Dinas Kesehatan seluruh Indonesia melalui video converence.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi menyampaikan rencana vaksinasi dan ketersediaan vaksin, yang dijadwalkan penyuntikan pertama secara simbolis kepada Presiden RI Joko Widodo pada Hari Rabu, 13 Januari 2021 yang akan datang, diikuti penyuntikan simbolis secara serentak di 34 Provinsi se-Indonesia kepada Kepala Daerah dan beberapa perangkat daerah yang memenuhi persyaratan penyuntikan vaksin pada tanggal 14 hingga 15 Januari 2021.

Sementara itu Kepala Satgas Penanganan Covid 19 Doni Monardo menyampaikan Perubahan perilaku setiap elemen masyarakat dalam penanganan covid 19 dalam rangka ketersediaan vaksin.

“Masyarakat diharapkan memiliki empati untuk mematuhi protokol kesehatan menilik dari pengorbanan tenaga kesehatan, dan juga diharapkan agar perangkat daerah mengaktifkan kembali posko-posko penanganan covid 19 sampai kepada perangkat administrasi pemerintahan terkecil yaitu Kelurahan/Desa,” kata Doni.

Doni Monardo juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yaitu meski vaksin sudah tersedia, setiap elemen masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan, karena jika disiplin semakin baik, akan diikuti penurunan kasus aktif dan resiko kematian. Dalam kesempatan itu juga Doni memaparkan tingkat kepatuhan memakai masker dan jarak dari seluruh provinsi di Indonesia dimana Provinsi Kepri menempati peringkat keempat dalam kepatuhan memakai masker, dan peringkat ketujuh dalam kepatuhan menjaga jarak.

Komentar