oleh

Walikota Minta AJI Terus Perangi Hoax

-Kepri, Pinang-21112 views
Walikota, Syahrul saat melihat stand-stand pameran
Sumber: Istimewa

Tanjungpinang, Kepri.Info- Walikota Tanjungpinang, Syahrul, membuka kegiatan Literasi Media Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang yang bertepatan di hari ulang tahun yang pertama di Mall Ramayana Tanjungpinang, Sabtu (15/12/2018).

Dalam sambutanya, Syahrul mengucapkan selamat ulang tahun kepada Aliansi Jurnalis Independem (AJI) Kota Tanjungpinang. Menurutnya, AJI telah banyak berkontribusi dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui media-media informasi baik media sosial, elektronik maupun cetak.

“Selamat kepada AJI yang berulang tahun, selama ini AJI sudah berkiprah dan berkontribusi dalam memberikan informasi kepada masyarakat dari semua media. Saya berharap AJI tetap solid dan tetap terus berkiprah serta selalu bersinergi dengan pemerintah,” katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait keberadaan dan eksistensi AJI.

“Melalui kegiatan Literasi Media ini, saya harapkan dapat memberi ilmu dan dapat memberitahukan kepada masyarakat tentang literasi media, serta tentang eksistensi AJI atas kiprahnya selama setahun ini,” harap Syahrul.

Syahrul juga mengajak kepada AJI dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang, agar dapat memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat. Hindari pemberitaan yang negatif dan bila perlu menggiring masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara antusias.

“Saya harapkan AJI bisa menggiring berita-berita positif agar masyarakat terhindar dari pemberitaan Hoax. AJI dapat menjadi ujung tombak penyampaian informasi ke masyarakat, kita lihat partisipasi masyarakat dalam Pemilukada, tidak sampai 60 persen untuk menggunakan hak pilihnya. Semoga AJI dapat membantu agar tingkat partisipatif masyarakat dalam pemilu mendatang meningkat,” ucapnya.

Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani menegaskan, kegiatan Literasi Media AJI Tanjungpinang tidak hanya sebatas kegiatan seremoni.

“Kegiatan yang bertema Menangkal Bahaya Laten Hoax di Media ini, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih cerdas dalam menangkal dan menyaring informasi di media,” ucapnya.

Seluruh anggota AJI Kota Tanjungpinang kata dia, sudah berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa lebih bijak dalam memilih dan menerima informasi, sehingga bisa terhindar dari bahaya hoax.

“Apabila memasuki tahun politik 2019 mendatang penyebaran hoax cukup rentan terjadi di tengah masyarakat.
Namun, jika hanya dengan semangat (AJI Tanjungpinang) saja tidak ada artinya jika tidak ada dukungan dari semua pihak. Untuk itu mulai dari saat ini mari sama-sama kita melawan hoaks. Karena hoaks itu dapat merusak kehidupan bangsa,” tegasnya.

Ketua Pelaksana Literasi Media AJI Tanjungpinang, Kurnia Syaifullah menyampaikan, kegiatan yang baru perdana digelar AJI Tanjungpinang ini melibatkan 25 media baik cetak, online, maupun elektronik.

Selain itu, ada juga beberapa instansi dan organisasi seperti Polres Tanjungpinang, Bawaslu Provinsi Kepri, KPU Provinsi Kepri, Diskominfo Kota Tanjungpinang, Peradi, dan Karang Taruna Provinsi Kepri yang juga ikut meramaikan kegiatan ini. Seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, mensosialisasikan beragam informasi yang berkaitan dengan bahaya hoax. Dia juga menyampaikan, Literasi Media ini juga diisi dengan kegiatan workshop dan talk show. Panitia juga imbuhnya, memamerkan foto terbaik dari jurnalis yang tergabung di AJI Tanjungpinang.

“Ada juga hiburan musik akustik dan doorprize untuk pengunjung yang beruntung,” sebutnya.

(Red)

Komentar

News Feed