oleh

Antisipasi Laka Saat Mudik Lebaran, Basarnas Maumere Siagakan Personil

 

MAUMERE, Kepri.info – Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran. Kamis, (13/04).

Apel ini dipimpin oleh Kepala Subseksi Sumber Daya Karel Roni Ileng,S.E dan diikuti oleh seluruh pegawai dan anggota potensi sar yang telah mendapatkan sertifikat water rescue dan MFR (Medical First Responder) sebnayak 17 Orang Potensi SAR bertempat di halaman Kantor SAR Maumere.

Amanat pelaksanaan apel gelar pasukan diantaranya pembacaan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi oleh Karel Roni Ileng selaku pemimpin apel.

Melalui sambutan tertulisnya, Kabasarnas mengatakan bahwa BMKG memperkirakan masih akan terdapat curah hujan dan gelombang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia yang dapat memicu bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor dan angin kencang di sepanjang rute mudik.

Hal tersebut tentu juga berdampak kepada keselamatan transportasi selama masa mudik lebaran, khususnya potensi kecelakaan kapal di wilayah yang padat pelayaran seperti di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan.

Lebih lanjut Kabasarnas memerintahkan seluruh petugas SAR di tanah air untuk melakukan antisipasi kecelakaan saat mudik lebaran berlangsung diantaranya Tempatkan kapal atau alut air di lokasi-lokasi startegis, Waspadai titik-titik simpul kemacetan lalu-lintas, Laksanakan patroli dan pemantauan di lokasi-lokasi pariwisata/keramaian, Terus update informasi cuaca dari BMKG, Pastikan kesiapan alut dan peralatan siap digunakan, Terakhir, jaga profesionalisme dan sinergitas yang baik dengan seluruh Potensi SAR dalam melaksanakan Siaga SAR Khusus, sosialisasikan Call Center 115 kepada masyarakat, serta utamakan kesehatan dan keselamatan.

Adapun jumlah keseluruhan petugas Siaga SAR Basarnas Muamere sebnayak 72 orang dengan rincian 50 personil di Maumere, 7 Orang personil di Pos SAR Manggarai Barat, 5 Orang Personil Unit Siaga SAR Ende, 4 Orang Personil Unit Siaga SAR Lembata, dan 6 Orang Personil Pos SAR Alor. Seluruh petugas SAR Basarnas Maumere akan stanby di titik keramaian yaitu Pelabuhan, Bandara & Tempat Wisata. Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 H dimulai dari 13 April s.d. 3 Mei 2023. (*).

Komentar