oleh

Rustam: Inovasi Kesehatan Tradisional Puskesmas Tanjungpianng dapat Respon Positif Kemenkes RI

-Pinang-21314 views
Kadinkes Tanjungpinang Rustam saat menunjukan salah satu inovasi kesehatan tradisional terbaru Puskesmas Tanjungpianng, dihadapan Direktur Kesehatan Tradisional Kemenkes Republik Indonesia.
Foto: Istimewa.

Tanjungpinang, kepri.info – Program Rabu Sehat, Akupresur dan Jamu (Rehat aJa) salah satu inovasi kesehatan tradisional terbaru, yang di gagas disejumlah puskesmas yang ada di Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan, kegiatan “Rehat Aja” ini meliputi Gernas Bude Jamu(Gerakan Nasional Bugar dengan Jamu),Toga Patmala (Toga Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga), serta Akupresur yang dilaksanakan di Tiga Puskesmas yang ada di kota itu.

Rustam menjelaskan, inovasi lainnya dalam program kesehatan trdisional dari Puskesmas Tanjungpinang, yaitu Mama Muda (Manajemen Terpadu Balita Sakit terintegrasi dengan asuhan), akupresure dan peningkatan gizi.

“Kegiatan Mama Muda lebih menitik beratkan pencegahan penyakit melalui asuhan mandiri akupresur dirumah, yang mana mencoba mensosialisasikan minuman tradisional kepada anak, dalam bentuk jamu dan puding sebagai bentuk upaya kembali ke alam sesuai kearifan lokal,” terangnya, Kamis (21/3).

Ia juga mengatakan seluruh inovasi yang ada di Puskesmas kota itu, disambut baik oleh Direktur Kesehatan Tradisional Kemenkes Republik Indonesia.

“Inovasi ini mendapatkan apresiasi dari kunjungan Direktur Kesehatan Tradisional Kemenkes RI dr. Ina Rosalinda,” ucapnya.

“Saat kunjungan tersebut, beliau memberikan beberapa masukan yakni, pertama, agar produk yang sudah dibuat dapat dipasarkan sehingga meningkatkan nilai tambah ekonomi sekalian manfaat sehat,” katanya.

Kemudian, layanan infomasi di bagian pendaftaran, perlu ditampilkan sehingga poli akupresure dan kesehatan tradisional ini dapat diketahui secara luas oleh para pasien, yang sedang berkunjung ke puskesmas.

Selanjutnya yang ketiga, edukasi dimasyarakat diperluas untuk pencegahan dan penanganan penyakit melalui tanaman obat dan akupresure serta dievaluasi secara berkala manfaatnya bagi peningkatan kesehatan keluarga.

“Kami berterima kasih atas kunjungan dan masukkan dari beliau, semoga dapat meningkatkan motivasi para petugas dalam berkreativitas dan berinovasi mengembangan layanan,” tutupnya.

Penulis: Jho
Editor: Moh Dan

Komentar

News Feed