oleh

Bawaslu Ultimatum Caleg Yang Ingin Berkampanye

Tanjungpinang
Ketua Bawaslu, Muhammad Zaini

Tanjungpinang, Kepri.Info– Badan Pengawas Pemilahan Umum(Bawaslu) Kota Tanjungpinang, memberikan peringatan keras bagi para calon legislatif (Caleg) agar tidak melanggar ketentuan kampanye yang telah di atur.

Peringatan Bawaslu tersebut, terkhusus bagi para Caleg, yang ingin berkampanye melalui media masa seperti media cetak, elektronik, dan juga media penyiaran.

“Merujuk pada peraturan Bawaslu, nomor 23 tahun 2013, yang mana telah menggatur kampanye di media sosial, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, dapat dilakukan selama 21 hari menjelang akhir masa kampanye. Yang dimulai dari tanggal 24 April hingga 13 Maret,” Ungkap, Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini, Selasa (20/11).

Zaini menegaskan, dengan adanya peraturan Baswaslu tersebut, Caleg dan Partai Politik, belum bisa melakukan aksi tebar pesona, disetiap media masa yang ada.

Apabila ditemukan, adanya Caleg maupun partai Politik peserta Pemilu, yang melanggar peraturan tersebut, maka pihaknya tidak segan-segan akan menindak tegas, sesuai ketentuan yang ada.

“Kalau ditemukan kita akan, tindak sesuai aturan yang berlaku,”tegasnya.

Walaupun nantinya para Caleg dan Partai Politik yang ingin, berkampanye di media masa pada waktunya, juga harus mengacu pada PKPU, yang telah ditetapkan pihak KPU.

Zaini, juga berharap agar masyarakat bisa bersinergi, untuk sama-sama mengawasi, jalannya Pemilu 2019 nantinya, terkhusus permasalahan kampanye di media-media masa.

“Masyarakat diharapkan, agar nantinya dapat melaporkan, apabila menemukan atau mengetahui, adanya Caleg maupun Partai Politik, yang melanggar peraturan yang telah disebutkan tadi, agar segera dapat melaporkan ke kami dan akan segera kami tindak lanjut laporannya,”tutupnya.

(MohDan)

Komentar

News Feed