oleh

134 Lahan Terbakar Sepanjang Bulan Januari HinggaMaret 2019

-Pinang-21127 views
Petugas Damkar Kota Tanjungpinang, saat berusaha memadamkan api yang melalap salah satu lahan kosong di Tanjungpinang.

Tanjungpinang,Kepri.Info-Unit Pemadam Kebakaran Tanjungpianang, mencatat sebanyak 134 lahan kosong terbakar sepanjang bulan Januari-April tahun ini.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Pleton (Danton) Damkar Kota Tanjungpinang Herman, Senin (8/4).

Herman mengatakan ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada lahan kosong tersebut. Diantaranya kesengajaan oknum tertentu hingga pada kelalaian manusia.

“Cuaca panas yang berkepanjangan dan juga faktor kelalaian manusia yang mengakibatkan terjadinya kebakaran lahan tersebut, terutama masyarakat yang membakar sampah dan juga membuang rokok sembarangan sehingga merembet ke lahan-lahan kosong tersebut,”ungkapnya.

Herman menambahka kebakaran lahan terparah terjadi pada bulan Maret.

“Pada Maret kebakaran lahan terparah yang terjadi, sebab ada 74 lahan yang terbakar dari penyebabnya bergama,” ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, ada 7 kejadian kebakaran selain lahan yang terjadi sepanjang Januari-Maret tahun ini.

“Selain kebakaran lahan ada juga 7 kebakaran lain yang terjadi di Tanjungpinang, yakni kebakaran rumah dan kendaraan yang kebanyakan penyebabnya kosleting listrik,” katanya.

“Kami mengharapkan kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran bila ingin membuka lahan dan jangan membakar sampah sembarangan,” himbaunya.

Terakhir ia mengatakan apabila masyarakat menemukan atau mengetahui adanya sumber api yang dapat membesar dan membahayakan agar segera dapat melaporkan kepada pihaknya, agar dapat segera ditangani.

“Bila terjadi kebakaran hubungi telpon 0771 24949,” tutupnya.

Penulis: Jho
Editor: Moh Dan

Komentar

News Feed