oleh

Gelombang Kuat Di Perairan Kepri Picu Harga Ikan Melambung

-Pinang-21215 views
Salah satu tempat dagangan ikan laut, di pasar KUD Tanjungpinang.
Foto:Jho

Tanjungpinang, kepri.info – Kondisi cuaca yang cukup ekstrim di awal tahun, mengakibatkan gelombang tinggi dan hembusan angin kencang di beberapa wilayah perairan Kepri.

Hal ini menyebabkan harga ikan khususnya di Tanjungpinang mengalami kenaikan harga.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar KUD, Dimas dengan cuaca saat ini tentunya, jumlah ikan dipasar mengalami penurunan sehingga membuat harga ikan ikut mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Faktor cuaca gelombang tinggi dan angin kencang di perairan Kepri khusus di Anambas dan Natuna yang menyebabkan harga ikan naik,” ucapnya, Selasa (29/1).

Dimas menjelaskan, pasokan ikan di pasar Tanjungpinang banyak datang dari Anambas dan Natuna serta dari Kjang.

Kondisi gelombang tinggi itulah yang menyulitkan para nelayan di Anambas dan Natuna melaut, akhirnya berimbas terhadap pasokan ikan ke Tanjungpinang menjadi tidak ada.

“Kenaikan harga ikan ini sudah terjadi awal bulan Januari lalu untuk semua jenis ikan,” katanya.

Ditempatkan yang sama, Dedi pedagang ikan lainnya menjelaskan kenaikan harga ikan ini bervariasi yakni, ikan kembung awalnya Rp 30.000 per/kilo naik menjadi Rp 35.000 per/kilo, ikan tamban awalnya Rp 10.000 per/kilo naik menjadi Rp 25.000 per/kilo.

Selanjutnya, ikan tongkol Rp 20.000 per/kilo naik menjadi Rp 25.000 per/kilo dan ikan selar awalnya Rp 50.000 per/kilo naik menjadi Rp 60.000 per/kilo.

Penulis: Jho
Editor: Moh Dan

Komentar

News Feed