oleh

Masyarakat Diajak Andil Dalam Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tajungpingang, Rustam.

Tanjungpinang, kepri.info – Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, mengajak masyarakat ikut serta dalam Gerakan 1 Rumah 1 Jumanti (G1R1K).

“Melihat Angka Bebas Jentik (ABJ) belum optimal, kita mengajak masyarakat untuk meningkatkan peran serta dalam Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1K),” ucapnya, Senin (11/1).

Memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3 M yaitu Menguras, Menutup dan Memanfaatkan kembali barang bekas oleh setiap keluarga seminggu sekali inilah yang dikenal sebagai Gerakan 1 Rumah 1 Jumanti.

Rustam menjelaskan, menguras dan membersihkan tempat-tempat penampungan air seminggu sekali, yang mana berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk pembawa virus DBD.

“Memberantas dan mengendalikan kepadatan nyamuk dapat di lakukan dengan cara senantiasa menguras dan memberikan tempat-tempat penampungan air,” jelasnya.

Rustam menjelaskan, tempat yang paling sering ditemukan jentik, di Kota itu, adalah di bak mandi, drum penampungan air di dalam maupun di luar rumah yang tidak tertutup.

Selain itu lanjutnya pada tampungan air sisa dispenser, minuman, binatang peliharaan, kaleng bekas atau botol plastik bekas yang terbiar, bekas kolam ikan/ aquarium, dan tatakan pot bunga ini juga berpotensi tempat perkembangbiakan nyamuk.

“Barang-barang bekas yang dapat menampung air juga berpotensi tempat berkembangbiak nyamuk,”imbuhnya.

Rustam pun menghimbau agar setiap masyarakat dapat berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, agar nyamuk pembawa virus DBD tidak dapat berkembangbiak di sekitar lingkungan, terutama di area tempat tinggal.

Penulis: Jho

Editor: Moh Dan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed