oleh

MTQ XV Tanjungpinang Perdana Terapkan SIP untuk Penilaian

Kepri.Info – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-15 tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2021 resmi dimulai. Pelaksanaan pembukaan tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Pembukaan dilaksanakan di Pelataran Gurindam 12 Tepi Laut, Minggu (28/3) malam.

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, SE, MM dalam hal ini membuka secara resmi pelaksanaan MTQ ke-XV Kota Tanjungpinang. Dalam sambutannya, Ansar mengapresiasi atas pelaksanaan MTQ Kota Tanjungpinang yang sangat luar biasa meskipun di tengah pandemi Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Pemko Tanjungpinang atas penyelenggaraan MTQ ke-XV Kota Tanjungpinang dengan meriah, semarak dan sukses, meskipun masih pandemi Covid-19 rangkaian acara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Ansar.

Ansar juga mengatakan agar melalui pelaksanaan MTQ dapat perkuat generasi muda dengan memahami Al Qur’an. “Generasi muda tidak hanya memahami ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun juga diperkuat dengan ilmu agama untuk menjadi fondasi dalam kehidupan, saya berharap kedepan generasi muda Kota Tanjungpinang dapat memahami isi dari kandungan Al Qur’an dan terhindar dari perbuatan negatif serta menangkis paham radikalisme,” ungkapnya.

Ansar juga menjelaskan MTQ ini sebagai ajang prestasi generasi Qurani yang bergengsi dan perlu disebarluaskan kepada seluruh masyarakat.

“Al-Qur’an pedoman hidup bagi kita semua umat Islam, ajang MTQ ini merupakan ajang bergengsi untuk unjuk prestasi generasi Qurani, kita harap melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas,” kata Ansar.

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP dalam sambutannya menyampaikan melalui MTQ ini diaplikasikan dalam kehidupan agar tercipta masyarakat yang Qurani. “Dalam konteks pembangunan, MTQ merupakan wahana untuk menciptakan masyarakat dan generasi qurani, mampu menyerap nilai-nilai dan kandungan Alquran sehingga dapat memposisikan dirinya sebagai agen perubahan sosial dalam pola kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Rahma juga menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh kafilah. “Selamat bertanding kepada seluruh kafilah, semoga dapat menjadi yang terbaik untuk mewakili Kota Tanjungpinang di tingkat Provinsi Kepulauan Riau nantinya,” ucapnya.

Rahma yang juga selaku Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang mengatakan bahwa kegiatan musabaqah dalam bidang tilawah dan bidang lainnya kini sudah tidak asing lagi bagi umat Islam di tanah air dan sudah menjadi ajang perlombaan yang diandalkan.

“Kegiatan seperti ini diselenggarakan setiap tahun secara berjenjang, dimulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Kota hingga tingkat Nasional,” ujar Rahma.

Lanjutnya, penyelenggaraan MTQ ini tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syi’ar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Alquran yang berlangsung di masyarakat. Selain itu, pada MTQ ke-XV ini penilaian dilakukan dengan menggunakan SIP-MTQ.

“SIP-MTQ adalah aplikasi sistem penilaian/penjurian yang pelaksanaan dan pelaporannya secara elektronik, diharapkan pelaksanaan MTQ ini dapat berjalan lancar, transparan, jujur, termonitor, terbuka, terukur dan fair, selamat mengikuti MTQ kepada seluruh peserta dan kepada Dewan Hakim saya ucapkan selamat menjalankan tugas sesuai dengan amanah yang diberikan, ” ungkap Rahma.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Drs. H. Tamrin Dahlan, M. Si melaporkan bahwa pelaksanaan MTQ ke-15 Kota Tanjungpinang ini akan berlangsung dimulai dari tanggal 28 Maret hingga 1 April 2021. Tema MTQ XV Tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2021 adalah.

“Dengan MTQ XV Kota Tanjungpinang Tahun 2021 Kita Implementasikan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Memperkuat Mental Bangsa Menuju Masyarakat Tanjungpinang Yang Religius, Berbudaya Dan Harmonis Dalam Kebhinekaan”

“Adapun cabang yang diperlombakan adalah Cabang Tilawah, Cabang Hifzil, Cabang Musabaqah Hadist Nabi, serta untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ ke-15 Kota Tanjungpinang juga dilaksanakan lomba Qasidah Dewasa, Marawis Remaja dan Bazar,” ujar Tamrin.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan MTQ ke-14 Kota Tanjungpinang ini diikuti oleh peserta yang merupakan utusan dari 4 Kecamatan di Kota Tanjungpinang.

Sebelum membuka acara secara resmi, Gubernur Kepri dan Walikota Tanjungpinang melaksanakan Penandatanganan MoU terkait Sistem Informasi Penilaian MTQ (SIP-MTQ), dilanjutkan Penandatanganan
Perjanjian Kerjasama penggunaan Aplikasi SIP-MTQ, Antara Kadis Kominfo Provinsi Kepri dan Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang dan Penyerahan Piagam serah terima Aplikasi SIP-MTQ dari Gubernur Kepri kepada Walikota.

Pembukaan MTQ ke-XV ini secara resmi ditandai dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Kepri, Walikota Tanjungpinang, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Sekdaprov Kepri, Sekda Kota Tanjungpinang, Unsur FKPD Kota Tanjungpinang, Ketua TP PKK Provinsi Kepri, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kepri, Ketua LAM Kota Tanjungpinang dan tamu undangan lainnya.

Komentar