oleh

Cegah Banjir, Kodim 0318/Natuna Bersama Warga Gelar Karya Bakti TNI

Tampak Sinergitas TNI-Polri, BPBD, Basarnas, Ormas, Pihak Kecamatan dan Sejumlah Masyarakat Lakukan Pembersihan Saluran Air.

 

NATUNA, Kepri.info – Antisipasi kembali terjadinya banjir di tengah musim penghujan, Kodim 0318/Natuna menggelar Karya Bakti TNI membersihkan lingkungan di wilayah rawan banjir Air Lakon, Kelurahan Ranai Kota, Kecamatan Bunguran Timur. Kamis, (07/11).

Karya bakti TNI ini menyasar pembersihan saluran air yang tersumbat, pembersihan pasar, dan penanaman pohon di lingkungan Air Lakon, Kelurahan Ranai Kota.

Dandim 0318/Natuna melalui Pasiter Kapten Inf. Napitupulu mengatakan, jika Karya Bakti TNI melibatkan seluruh unsur baik 3 Matra TNI, Polri, BPBD, Basarnas, pihak Kecamatan Bunguran Timur, Ormas, dan sejumlah masyarakat.

“Mengingat sering kali terjadinya banjir, maka kami gagas kegiatan Karya Bakti TNI ini dengan melibatkan seluruh unsur sebanyak lebih kurang 365 orang”, ujarnya.

Napitupulu menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya membantu mengatasi permasalahan banjir yang kerap melanda pemukiman masyarakat seperti mengantisipasi terjadinya luapan air maupun ancaman banjir bandang.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, selain meningkatkan motivasi masyarakat dalam menjaga kebersihan, juga demi mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih, supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama 1 minggu kedepan, namun untuk besok hingga selanjutnya dilakukan oleh jajaran Koramil”, pungkasnya.

Sementara Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0318/Natuna yang telah menggagas kegiatan karya Bakti TNI sebagai upaya mencegah kembali terjadinya banjir.

Diakui Hamid, banjir terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang turun serta tidak memadainya saluran air yang ada.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Kodim 0318/Natunq sebagai penggagas kegiatan ini, muda-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita, biar tidak bisa kita hindari, namun dapat kita antisipasi”, terang Hamid.

Hal senada juga diucapkan ketua RW 04 Air Lakon, Abdul Bar yang menilai tepatnya sasaran kegiatan Karya Bakti TNI, pasalnya wilayahnya tersebut menjadi langganan banjir disaat turun hujan.

“Kami dari masyarakat Air Lakon mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0318/Natuna karena lingkungan kami di pilih dalam giat ini. Kami harap kegiatan tidak sampai di sini saja, karena wilayah kami iki sangat-sangat rawan banjir”, pungkasnya. (Zal).

Komentar