oleh

Gandeng Dinas Damkar, Basarnas Natuna Gelar Apel Siaga SAR Khusus Nataru

Pemeriksaan Personil Apel Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Abdul Rahman.

 

NATUNA, Kepri.info – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna kembali menggelar apel siaga SAR khusus menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kegiatan apel berlangsung di halaman KPP Basarnas Natuna, Jl. Adam Malik, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur. Senin, (18/12).

Kegiatan SAR khusus ini berlangsung selama 20 hari kedepan, dimulai tanggal tanggal 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang.

Kepala KPP basarana Natuna, Abdul Rahaman mengatakan, pihaknya bersinergi dengan Dinas Damkar dan Pramuka dalam mendukung kegiatan pengaturan dan pengendalian transportasi selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Serta dilaksanakan siaga SAR khusus dengan semangat dan sepenuh hati, serta selalu berpedoman pada protokol kesehatan karena sampai saat ini pandemi masih meningkat dengan varian baru”, ujarnya.

Menurut Rahman, kesiapsiagaan SAR dalan rangka siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Kendati demikian, Rahman menginginkan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (quick response SAR).

“Saya minta kegiatan ini jangan dijadikan kegiatan yang monoton, namun harus ada peningkatan dari tahun ke tahun baik kesiapan personil, maupun peralatan, hingga keterampilan”, ujarnya.

Dalam hal ini, selama perayaan Natal dan Tahun Baru, Basarnas Natuna akan mendirikan posko terpadu di Pantai Piwang, serta mengerahkan personil moblie di setiap pelabuhan maupun bandara.

Tidak lupa Rahman menegaskan, kepada para petugas siaga SAR khusus agar menjaga sikap yang sopan dan santun baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait maupun melaksanakan misi penyelamatan di lapangan.

“Kepada para petugas untuk diperhatikan para petugas agar menjaga sikap dan sopan santun baik selama koordinasi maupun dalam misi kemanusiaan”, pungkasnya.

Usai pelaksanaan apel, dilakukan pelepasan kepada para personil mobile yang dilepas langsung oleh Kepala KPP Basarnas Natuna, Abdul Rahman didampingi Kasi Penyelamatan dan Evaluasi Dinas Damkar, Trendy.

Penulis : Afrizal

Komentar