oleh

Menakar Sosok Riyanti, dari Driver Jekwa Menuju Kusri Parlemen

Riyanti (kiri) bersama salah seorang pendukungnya saat silaturrahmi dengan warga sekitar komplek beberapa waktu lalu. (foto: koleksi pribadi riyanti untuk kepri.info).

*Bertekad Perjuangkan Hak-hak Kaum Buruh/Pekerja.
TANJUNGPINANG, KEPRI.INFO – Beragam hal yang memotivasi warga masyarakat Kota Tanjungpinang untuk terjun ke dunia politik dan menjadi salah seorang calon anggota legislatif (caleg).

Adalah Riyanti Dwi Deciani atau akrab dipanggil Riyanti. Ibu rumah tangga yang kini berprofesi sebagai salah seorang driver/kurir ojek online akhwat (Jekwa) Tanjungpinang ini mantap maju sebagai salah seorang Caleg DPRD Kota Tanjungpinang dari Partai Buruh Nomor Urut 2.

Wanita kelahiran Kijang 1 Desember 1991 dari pasangan almarhum Ponirin dan almarhumah Supirah ini, bertekad maju sebagai salah seorang kontestan dalam Pileg yang bakal digelar 14 Februari 2024 mendatang.

Pengalaman pahitnya dulu sebagai seorang pekerja, yang berujung pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan, menjadikan salah satu hal yang mendorong dirinya maju menjadi caleg.

”Saya pernah bekerja di PT Pancarasa Pratama selama 11 tahun, sampai pada akhirnya saya beserta 10 orang rekan kerjan lainnya di PHK tanpa pesangon sepeserpun. Ini tentu hal yang menyakitkan dalam hidup saya,” ujar Rianti mengawali kisahnya kepada media ini.

Merasa tidak terima akibat PHK sepihak, Ia yang juga sebagai aktivis Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) bersama rekan lainnya berjuang untuk mendapatkan hak-haknya sebagi karyawan perusahaan.

”Puncaknya kami pernah menggelar unjuk rasa. Akhirnya menemui titik terang setelah menempuh jalur hukum di persidangan, yang pastinya mengabiskan banyak tenaga dan waktu,” ujarnya.

Riyanti merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kedua saudaranya yakni, almarhumah Riani Novita Sari (kakak) dan Triyuli Setyowati (adik).

”Kini, saya hanya tinggal berdua saja karena kedua orang tuanya dan kakaknya telah meninggal dunia,” ujarnya warga Jalan Cendrawasih Batu 8 Atas Tanjungpinang ini lirih.

Tahun 2020 silam, Riyanti menikah dengan Alpizar dan dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Giandra Alviansyah.

Keterpurukan ekonomi, juga telah menempa sosok Riyanti menjadi perempuan tangguh dalam menopang ekonomi keluarga.

”Saya jualan bakso ikan kiloan secara online, sampai akhirnya saya dikenalkan dengan komunitas ojek wanita atau ojekwa melaui seorang teman bernama Sri Ariana tahun 2022 lalu,” kisah Riyanti.

Membawa penumpang/kurir barang saat kondisi cuaca terik maupun hujan, pun sering ia rasakan. Bahkan anak semata wayangnya yang masih balita kadang ikut tertidur saat mengantarkan barang/penumpang.

”Layar HP sempat mati total akibat terguyur hujan juga pernah saya alami. Namun saya tetap bersyukur dan berterima kasih kepada owner Ojekwa yakni Indah Purmasari SPd MM yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk gabung menjadi salah seorang drivernya,” ujarnya.

Penghasilannya dari Jekwa ini, sebut Riyanti menjadi salah satu sumber pendapatannya sampai saat ini.

”Semoga Jekwa ke depannya menjadi sangat dikenali masyarakat, makin menggurita, dan secepatnya memiliki aplikasi online agar lebih mudah diakses,” ujarnya.

Terkait pencalonannya di legislatif, Riyanti mengaku jika saat ini ia mendapat dukungan secara totalitas dari serikat pekerja.

”Untuk itu, saya dengan optimistis maju sebagai Caleg DPRD Kota Tanjungpinang Dapil 2 meliputi Kelurahan Air Raja dan Kelurahan Pinang Kencana. Saya mohon dukungannya kepada semua pihak,” ujarnya.

Hal ini ia lakukan dengan harapan bisa bersinergi bersama pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

”Meningkatkan kesejahteraan buruh/pekerja/masyarakat dan membela kaum buruh dan semua elemen masyarakat,” demikian Riyanti.

Laporan: Ishiki
Editor: Ogawa

Komentar