oleh

Ribuan Lampu Colok Bakal Hiasi Jalan di Kecamatan Buru

 

KARIMUN, Kepri.info – Sambut lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023, pemuda di Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau akan memasang ribuan lampu colok disepanjang jalan dan gapura di daerahnya.

Ketua Ikatan Pemuda Teluk Dalam (Ipted) Muhamad Shalihin mengatakan sebanyak 5000 lampu colok akan dipasang dijalan dan gapura di kampungnya.

Pemasangan tersebut guna memeriahkan lebaran Idul Fitri tahun 2023 serta menjaga tradisi masyarakat di daerah itu.

“Salah satu tradisi setiap tahun yang ada di Kecamatan Buru, sekaligus mengikuti event Kabupaten Karimun (Festival lampu hias,” ucapnya melalui telpon. Jumat (14/04).

Ia menjelaskan lampu akan dipasang pada malam 27 Ramadhan atau 18 April hingga malam takbiran.

“Sumber dana dari pengusaha dan donator,” ujarnya.

Senada dengan Shalihin, Wandy anggota Ikatan Pemuda Lubuk Puding (IPLP) mengatakan tradisi memasang lampu colok jelang lebaran Idul Fitri sudah dilakukan sejak dahulu.

Ia menceritakan tradisi itu dulunya bertujuan untuk menerangi jalan disetiap kampung, agar warga lebih mudah melakukan aktivitas ibadah pada malam terakhir ramadhan, dimana pada saat itu daerah perkampungan belum ada lampu jalan (listrik).

“Lampu dari kaleng bekas, bahan bakarnya dari solar. Lampu dipasang diatas kayu yang disusun memajang dipinggir jalan,” ujarnya. (**).

Komentar