oleh

Kasdim 0318/Natuna Berikan Pemahaman Ideologi Pancasila Bagi Para Pelajar

Kasdim 0318/Natuna, Mayor Inf J. Aruan Saat Berikan Pemaparan.

 

NATUNA, Kepri.info – Bertempat di SMA Negri 1 Bunguran Tengah Jalan Pelajar No 2 Desa Harapan Jaya Bunguran Tengah Kecamatan Bunguran Tengah Kabupaten Natuna Kepala Staf Kodim 0318/Natuna Mayor Inf J. Aruan memberi Pemahaman dan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme TA. 2023 Kodim 0318/Natuna dengan tema Idiologi pancasila sebagai benteng penangkal dari ancaman Radikalisme dan Separatisme. Kamis 22 Juni 2023.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Kepala sekolah diwakili guru matematika, Batiter Kodim 0318/Natuna, Personel kodim 0318/Natuna dan Koramil 01 Ranai, dan Siswa dan siswi SMA negri 1 Bunguran Tengah berjumlah 78 orang.

Dalam sambutannya Mayor Inf J. Aruan mengucapkan Terimakasih kepada sekolah SMA Negeri 1 Bunguran Tengah sudah memberikan sambutan yang baik pada Kodim 0318/Natuna.

Beliau juga menambahkan kepada siswa dan siswi agar dapat memperhatikan dengan baik tentang materi yang akan diberikan karena ini sangat berguna serta menambah wawasan, pengetahuan bagi siswa dan siswi SMA Negeri 1 Bunguran Tengah dalam mencegah dan menangkal masuk nya pemahaman Radikalisme dan Separisme bagi anak usia dini ataupun para pelajar di Kabupaten Natuna.

Turut juga Kepala sekolah SMA Negeri 1 Bunguran Tengah yang diwakili guru Matematika Bapak Suroto memberikan ucapan Terimakasih kepada Dandim 0318/Natuna atau yang mewakili bapak Kepala Staf Kodim 0318/Natuna dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa dan siswi kami kedepannya, serta dalam kegiatan ini sangat bermanfaat dan menjadi bekal bagi siswa dan siswi kami.

Adapun materi yang disampaikan Kepala Staf Kodim 0318/Natuna diantaranya;
a. Pancasila merupakan paham yang didasarkan kesadaran kebangsaan yang kuat dengan esensi nilai-nilai pancasila.
b. Perlu diketahui seluruh komponen bangsa harus mematuhi dan melaksanakan UUD 1945 dengan sebenar benarnya dengan tegak utunya NKRI dengan esensi nilai UUD 1945 adalah demokrasi kesamaan derajat dan ketaatan hukum.
c. Bagi bangsa indonesia NKRI adalah harga mati tidak bisa ditawar-tawar dengan esensi nilai-nilai NKRI adalah kesatuan wilayah persatuan bangsa dan kemandirian.
d. Perlu juga diketahui siswa dan siswi sekalian pemilu adalah pesta demokrasi rakyat untuk memilih pemimpin negara/Daerah dan wakilnya diparlemen yang perlu dilakukan jamin pelaksanaannya bersama oleh seluruh warga negara karena menentukan keberlangsungan hidup suatu bangsa.
e. Siswa dan siswi juga harus tau arti santi BINNEKA TUNGGAL IKA merupakan peryataan jiwa dan semangat bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kesatuan, semboyan itu merumuskan dengan tegas adanya harmoni antara hal-hal yang satu dengan hal-hal yang banyak yakni kesatuan dalam kemajemukan meliputi nilai teloransi,nilai gotong royong dan keadilan.

Diakhir materi Kepala Staf Kodim 0318/Natuna turut mengucapkan banyak terimakasih kepada para siswa dan siswi atas antusias nya dalam mendengarkan setiap materi yang disampaikan dengan serius dan semangat semoga para siswa dan siswi dapat menjadi kebanggaan bagi keluarga masyarakat dan bangsa Indonesia. (**).

Komentar