oleh

Suara Banyak Hilang, Caleg Gerindra Lapor Bawaslu

-Pinang-21821 views
Caleg Gerindra Afdal saat melaporkan kasus dugaan hilangnya suara dirinya.
Foto: Cr 1

Tanjungpinang, Kepri.info – Calon Legislatif (caleg) DPRD Kota Tanjungpinang dari Partai Gerindra, atas nama Afdal mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjungpinang, Kamis (9/5/2019).

Kedatangan Afdal, caleg nomor urut 3 Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Kota ini, memberikan laporan ke Bawaslu, karena Afdal tersebut merasa dirugikan pada saat penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebelumnya.

Merasa dirugikan yang dimaksud, yaitu Afdal ini telah merasa dicurangi, kehilangan suara di TPS 11 dan 17 di Kelurahan Bukit Cermin serta TPS 17 di Kelurahan Kampung Baru.

“Saya tidak ingin menyebutkan berapa suara yang hilang, karena ini biarlah menjadi tugas Bawaslu untuk menyelidiki, yang jelas kami punya datanya,” ungkap Afdal, usai memberikan laporan ke Kantor Bawaslu Tanjungpinang yang merasa tidak mendapatkan keadilan.

Ketahuan hilang suara itu, lanjut dia, yakni pada saat selesai rekapitulasi di tingkat PPK.

“Kami punya copian formulir C1, dan kami cocokan dengan rekap tingkat PPK Tanjungpinang barat, ternyata ada selisih, sehingga membuat kami membuat laporan,” ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut juga sudah dilaporkan dengan partai (Gerindra), dan pada saat Pleno KPU Tanjungpinang beberapa waktu lalu, pihaknya juga menyampaikan ke komisioner KPU. Namun, pleno KPU tersebut tetap dilanjutkan.

Untuk itu, ia meminta kepada Bawaslu Tanjungpinang agar bisa menindaklanjuti laporan tersebut.

“Kalau terbukti siapa yang salah dari laporan kita itu, mohon dilanjutkan, misalnya kalau PPK yang salah harus dilanjutkan ke DKPP, kalau misalnya ada Caleg lain yang curang tolong didiskualifikasi,” tegasnya.

Apabila, Bawaslu tidak mau menindaklanjuti ini, pihaknya akan menindaklanjuti ketingkat yang lebih tinggi (DKPP).

“Faktanya kami berikan laporan ini tadi, mereka (komisioner Bawaslu) berusaha untuk menolak dan banyak alasan lain meskipun ujungnya diterima. Kami hanya mau pemilu ini jujur dan adil,” pungkasnya.

Penulis:Cr1

Editor: Moh Dan

Komentar

News Feed